Suhu di Mekah Capai 43 Derajat, Jamaah Haji Diminta Pakai APD

Thehok.id – Saat ini suhu di Tanah Suci Mekah mencapai 42-43 derajat celcius dengan kelembapan 19 oersen. Untuk itu dokter meminta jamaah haji untuk selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) selama menunaikan ibadah haji.

Alat pelindung diri (APD) yang terdiri dari alas kaki, masker, kacamata hitam, topi, payung, pelembap bibir, dan tabir surya penting untuk mencegah dampak cuaca panas hingga infeksi Covid-19.

“Suhu saat ini sekitar 42-43 derajat dengan kelembapan 19%, semua harus pakai APD,” terang Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Mekah, dr Muhammad Imran, dalam siaran pers yang diterima Suara.com.

dr. Imran mengingatkan bahwa haji merupakan ibadah yang memerlukan kondisi fisik dan kesehatan yang prima. Perbedaan suhu yang ekstrem antara Indonesia dengan Mekah akan berpengaruh pada kondisi fisik dan kesehatan Jemaah.

Masalah kesehatan yang mengintai mulai dari kulit kering, bibir pecah-pecah, kaki melepuh, hingga dehidrasi, bahkan heatstroke.

“Jangan sampai jemaah tidak bisa beribadah karena kaki melepuh, ketika jemaah tidak memakai alas kaki” pesan dr Imran.

Jemaah haji juga diimbau untuk mencukupi konsumsi air putih dan air yang mengandung elektrolit sebagai pengganti mineral tubuh yang hilang juga menjadi hal yang wajib ditaati.

“Yang penting lagi, jangan tunggu haus. Jemaah harus terus diingatkan untuk minum air putih sesering mungkin, paling tidak 6 botol masing-masing 600 ml dalam sehari,” tambah dr. Imran.

Sebagai informasi, sebanyak 753 jemaah dari dua kloter akan tiba perdana di Mekah pada Hari Minggu (12/6) malam, yaitu embarkasi Solo (SOC 1) dan Embarkasi Jakarta-Pondok Gede (JKG 1). Kedua Kloter diberangkatkan dari Madinah setelah menyelesaikan Ibadah Arbain, yaitu sholat berjamaah 40 waktu di Mesjid Nabawi. (red)

Sumber : suara.com

Komentar