Langgar Aturan, 21 Perusahaan Batubara Dilaporkan ke Ditjen Minerba

Thehok.id – Sebanyak 21 perusahaan angkutan batu bara dilaporkan Polda Jambi ke Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara (Ditjen Minerba). Perusahan-perusahaan ini dilaporkan karena kedapatan melanggar lalu lintas seperti angkutan yang melebihi kapasitas, dan beroperasi diluar jam operasional.

Dirlantas Polda Jambi, Kombes Pol Dhafi mengatakan sebanyak 107 sopir truk kedapatan melanggar ketentuan jam operasional, dan serta mengangkut batubara melebihi batas kapasitas.

Kepolisian juga telah mengumpulkan sejumlah barang bukti pelanggaran, dan mengonfirmasi bahwa ratusan kendaraan itu berasal dari 21 perusahaan.

“Ini sudah diketahui oleh Dirjen Minerba dan Dirjen Pertambangan. Kita bawa bukti bahwa pelanggaran ini berpotensi menyebabkan kecelakaan dan kemacetan,” katanya, Sabtu (11/6/2022).

Baca juga : Waspada! Ini Modus Mucikari Remaja di Jambi Mencari Korban

Dhafi mendorong pihak Dirjen Pertambangan untuk mengeluarkan sanksi tegas kepada perusahaan, karena truk angkutan batubara yang terikat kontrak dengan perusahaan terkait telah melakukan pelanggaran. Sanksi yang dimaksud berupa penghentian sementara atau pencabutan izin operasional perusahaan.

“Hal tersebut semoga segera ditindak lanjuti, agar perusahaan yang punya angkutan sepenuhnya mematuhi tata tertib berlalu lintas yang baik. Dengan bukti-bukti pelanggaran inilah kami laporkan atau informasikan kepada Direktorat Jenderal Minerba. Dirjen Pertambangan harus mengeluarkan sanksi kepada perusahaan tambang, yang truk angkutannya melakukan pelanggaran,” ujarnya.

Baca juga : Buang Limbah ke Sungai, Pabrik Tahu di Jambi Klaim Tidak Berbahaya

Dirinya juga menyampaikan bahwa perusahaan harus bertanggung jawab atas gangguan lalu lintas yang melibatkan truk batubara, sehingga menyebabkan kemacetan hingga puluhan kilometer.

“Kalau semua truk batubara sudah terdaftar di perusahaan tambang atau tidak lagi sistem delivery order (DO). Sehingga kita bisa membuat manajemen atau pengaturan ke setiap perusahaan, mulai dari jumlah dan jam operasional setiap perusahaan,” pungkasnya. (red)

Sumber : pariwarajambi.com

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----

Komentar