oleh

Gunung Dempo Meletus, Warga Dilarang Mendekati Kawah

Thehok.id – Gunung Api Dempo, Sumatera Selatan meletus. Letusan tersebut memuntahkan abu vulkanik dan menimbulkan getaran kecil.

Letusan abu juga disertai kegempaan skala II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang berdurasi selama 290 detik.

Aktivitas letusan abu vulkanik tersebut terpantau di Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Pos Pengamatan Gunung Api Dempo, Pagaralam Utara, Pagaralam pada Selasa (31/5) pukul 00.00 WIB.

Baca juga : Tak Terima Rekannya Dipukul, Ratusan Driver Ojol Serbu Rumah Konsumen

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dempo Megian Nugraha menjelaskan letusan abu vulkanik itu berdurasi selama 239 detik dengan amplitudo sejauh 35-37 mm.

“Asap kawah nihil cuaca cerah, berawan, dan mendung. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah utara, timur, dan selatan. Suhu udara 19-28 derajat Celsius,” katanya.

Petugas Pos Pengamatan mengeluarkan status Gunung Api Dempo (3.173 mdpl) yang meliliputi wilayah Lahat, Empat Lawang, Kota Pagaralam itu berada di level II atau Waspada.

Baca juga : Ini Manfaat Kacang Walnut Bagi Kesehatan

Petugas mengimbau warga, khususnya para pendaki gunung atau wisatawan, sementara dilarang mendekati atau bermalam di pusat aktivitas yakni kawah Gunung Api Dempo radius satu kilometer.

Mereka juga dilarang mendekati atau bermalam di arah bukaan kawah sejauh dua kilometer ke sektor utara, mengingat kawah sebagai pusat letusan dan gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan bagi kehidupan. (red)

Sumber : suara.com

Komentar

News Feed