Pj Bupati Bachyuni Ikuti Zoom Meeting Peringatan Hari Lahir Pancasila

Thehok.id – Dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila, Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah bersama jajaran forkompinda di lingkup Kabupaten Muarojambi menggelar zoom meeting bersama Presiden Joko Widodo, Rabu (01/06/2022).

Agenda zoom metting kali ini adalah memperingati hari lahirnya Pancasila tahun 2022.

Menggunakan pakaian teluk belanga warna oranye, Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah tampak serius mengikuti upacara yang digelar tersebut.

Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah mengatakan, Pancasila merupakan dasar negara. Segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan ketatanegaraan Indonesia didasarkan pada Pancasila.

Begitu pula halnya dalam penyelenggaraan pemerintahan Indonesia, yang juga harus dilaksanakan dengan menjadikan Pancasila sebagai landasan atau pedomannya.

Pancasila juga sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan aparatur negara yang bersih, berwibawa sehingga tujuan nasional tercapai, sebagaimana yang tercantum dalam alinea ke-4 Pembukaan UUD 1945, sebagai dasar, arah, dan petunjuk aktivitas kehidupan bangsa Indonesia.

“Jadi Pancasila ini merupakan hal penting dalam negara kesatuan republik Indonesia,” kata Bachyuni Deliansyah.

Untuk diketahui, keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang menetapkan tanggal 1 Juni 1945 merupakan Hari Lahir Pancasila, maka setiap tanggal 1 Juni segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila sebagai panduan dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 dilaksanakan dengan upacara secara hybrid (luring dan daring) sebagai upaya mendukung upaya pemerintah dalam mencegah, mengendalikan dan memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 di Indonesia.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) selaku Panitia Pelaksana Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara terpusat, di Lapangan Pancasila Ende secara luring dan daring, yang dihadiri Presiden, Wakil Presiden, pimpinan lembaga negara, kementerian/lembaga, pemerintahan daerah provinsi, kabupaten/kota, perwakilan negara sahabat di Indonesia, perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, dan para tokoh serta seluruh tamu undangan secara luring dan daring. (adv)

Komentar