Desa Purba Berusia 3.400 Tahun Ditemukan di Irak

Thehok.id – Sebuah kota purba berusia sekitar 3.400 tahun ditemukan di Sungai Tigris di provinsi Duhok, Irak.

Desa kuno ini ditemukan oleh para arkeolog. Berdasarkan hasil penelitian, desa kuno yang sudah ebrusia ribuan tahun ini berasal dari Kekaisaran Mittani.

“Kami menemukan kota kuno berusia 3.400 tahun di distrik Semel Duhok yang berasal dari periode Mittani,” kata Bekes Birifkani, direktur artefak sejarah dan budaya di provinsi Duhok.

Dia mencontohkan kawasan itu dulunya berpenghuni hingga 1985, sebelum Bendungan Mosul dibangun pada 1990 dan membiarkan kawasan itu terendam air.

Baca juga : Gara-gara Poligami, Polisi Ini Dipecat dari Anggota Kepolisian

Dengan lebih dari 2.000 situs bersejarah telah ditemukan di kota sejauh ini, Birifkani mengatakan penggalian tahun ini juga memberikan hasil penting.

“Meskipun ribuan tahun telah berlalu, tembok dan strukturnya yang tingginya beberapa meter belum hancur,” katanya.

Hassan Ahmed, kepala Badan Perlindungan Warisan Budaya Pemerintah Daerah Kurdistan Irak utara (KRG), mengatakan telah mengintensifkan pekerjaan sejak awal tahun karena surutnya air dari Sungai Tigris.

Baca juga : Perubahan Plat Nomor Hitam Menjadi Putih Mulai Berlaku Pertengahan Juni 2022

“Kami melakukan penggalian di sini dengan bantuan universitas Tubingen dan Freiburg Jerman. Ada banyak sisa bangunan di kota kuno ini dari periode Kekaisaran Mittani. Kota kuno yang kami temukan bernama Zahiko. Meskipun ribuan tahun, tembok dan bangunan setinggi beberapa meter belum hancur,” kata dia. (red)

Sumber : suara.com

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----

Komentar