oleh

Al Haris Tegaskan Pemprov Siap Bantu Atasi Banjir di Kota Jambi

Thehok.id – Saat ini di Kota Jambi sering terjadi banjir ketika hujan lebat. Gubernur Jambi Al Haris mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi akan ikut serta membantu untuk menangani masalah banjir ini.

Al Haris mengatakan penanganan banjir di Kota Jambi yang kerap terjadi ketika hujan lebat ini, akan ditangani secara terintegrasi. Sebab, terdapat tiga kewenangan terhadap masalah air melimpah dari drainase ini.

Gubernur menjelaskan kewenangan persoalan banjir terdapat pada saluran primer yang ditangani pemerintah pusat. Lalu sekunder pada kewenangan Pemerintah Provinsi serta tersier pada pemerintah Kota Jambi.

Gubernur Jambi Al Haris meyakini ketika tiga kewenangan ditangani secara seksama permasalahan akan terurai, walaupun sekunder sudah mulai ditarik pemerintah pusat.

“Tapi saya sebagai wakil pemerintah pusat ingin sama-sama, balai apa tugasnya, pemprov apa, dan Kota Jambi apa. Sehingga sistem terbangun baik dan kita keroyok ramai-ramai,” kata Al Haris, Jumat (03/06/2022).

Al Haris menyebutkan hal ini harus ditangani serius karena merupakan persoalan mendesak yang dapat mengganggu aktivitas masyarakat.

“Tugas kita memastikan Kota Jambi jangan lagi ada banjir kedepannya,” ucapnya.

Mengenai upaya penanganan banjir yang akan ditempuh, Al Haris menjelaskan harus ada upaya pendangkalan drainase. Meskipun ia mengakui tak mungkin diterapkan penghentian pembangunan. Namun lebih ke pengaturan pembuangan limbah dan sampah yang semakin banyak.

“Intinya ini butuh diatur saja sebetulnya, butuh aturan saja secara bijak. Kita sering banjir datang dan kita ngeh, artinya Pemerintah Pusat, Pemprov dan Kota harus saling bersinergi antisipasi dini, itu saja,” sebutnya. (die)

Komentar

News Feed