oleh

Konsumsi Kopi Tiap Hari Berdampak Baik Bagi Kesehatan, Ini Syaratnya!

Thehok.id – Mengkonsumsi kopi setiap hari ternyata memiliki banyak manfaat unutk kesehatan. Namun dengan catatan konsumsi kopinya masih dalam batas wajar, yakni maksimal 4 cangkir per hari dan tanpa pemanis gula.

Dalam laporan yang terbit di Annals of Internal Medicine, peneliti dari Southern Medical University di Guangzhou telah menganalisis data kebiasaan orang minum kopi pada lebih dari 171.000 penduduk Inggris.

Semua yang terlibat tidak menderita kanker dan penyakit jantung selama tujuh tahun ke belakang. Dalam penelitian sebelumnya, ada bukti menunjukkan bahwa orang yang minum kopi setiap hari hidup lebih lama.

Pun seperti hasil peneliti dari Guangzhou, di mana orang yang secara teratur minum kopi tanpa pemanis gula, 16 sampai 21 persen lebih kecil kemungkinan meninggal dunia selama penelitian, dibanding peserta yang tidak minum kopi.

Sebagaimana yang dilansir dari insider, peserta penelitian yang minum antara satu dan empat cangkir kopi ringan per hari, 29 hingga 31 persen lebih kecil kemungkinan meninggal dunia.

Kopi yang memiliki bahan utama kafein, telah lama dipelajari secara ekstensif. Banyak data menunjukkan kopi tidak hanya aman tetapi juga baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah moderat.

Studi sebelumnya menunjukkan, orang yang minum kopi hidup lebih lama disebut minim risiko penyakit seperti penyakit jantung, kanker, hingga diabetes.

Kafein juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan juga otak, terutama seiring bertambahnya usia dan berkaitan dengan risiko penyakit Parkinson.

Tidak hanya itu, kopi juga dapat mengatasi risiko depresi dan juga bunuh diri.

Tapi perlu dipastikan, jika terlalu banyak mengonsumsi kafein dengan dosis lebih dari 400 miligram atau konsumsi lebih dari sekitar 4 sampai 5 cangkir kopi, dapat menyebabkan efek samping seperti kecemasan, gelisah, detak jantung berdebar cepat, hingga berkeringat. (red)

Sumber : Suara.com

Komentar

News Feed