oleh

IRT Wajib Tahu! Ternyata Ini Bahaya Mencuci Ayam Mentah

Thehok.id – Ibu rumah tangga wajib tahu! Mencuci daging ayam mentah seperti yang biasa dilakukan ternyata dapat meningkatkan risiko keracunan makanan.

Badan standar makanan Inggris, Food Standards Agency (FSA) telah lama memperingatkan bahwa mencuci ayam mentah sebelum dimasak meningkatkan risiko menyebarkan bakteri campylobacter di tangan, permukaan, baju, dan alat masak karena cipratan air keran tempat mencuci ikan mentah.

Namun, banyak orang yang selalu melakukan kesalahan yang sama.

Baca juga : TNI AL Amankan Kapal Pengangkut 66 Kontainer di Perairan Sungai Kapuas

Ketika ayam mentah dicuci di bawah keran air, biasanya cipratan air tersebar. Dengan cara ini, bakteri bisa menyebar ke tubuh kita, misalnya melalui pisau yang kita pakai dan berada di dekat wastafel dapur.

Tidak semua orang mengetahui risiko ini.

Di Inggris, menurut FSA, 44% orang mencuci ayam sebelum dimasak. Alasannya adalah untuk membersihkan kotoran atau kuman atau karena mereka selalu mencuci ayam mentah.

Campylobacter enteritis adalah salah satu penyebab utama keracunan makanan. Khususnya ketika orang tengah bepergian sehingga bakteri ini dikenal juga dengan sebutan diare pelaku perjalanan.

Baca juga : Uji Nyali di Jembatan Gantung Setinggi 632 Meter di Vietnam

Infeksi terjadi biasanya karena makan ayam mentah, sayuran segar atau susu yang tidak dipasterisasi.

Bakteri tersebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi, menurut situs MedlinePlus dan dapat menyebabkan diare, sakit perut, demam, pusing dan muntah.

Bisa menyerang sistem saraf

Sebagian besar orang yang mengalami keracunan makanan hanya sakit sekitar beberapa hari, namun bakteri ini dapat juga menyebabkan gangguan kesehatan jangka panjang.

Sindrom iritasi usus dan sindrom Guillain-Barr syndrome, yang menyerang sistem saraf bisa terjadi akibat infeksi bakteri ini.

Infeksi bakteri ini juga dapat menyebabkan kematian. Yang paling berisiko adalah anak-anak dan orang lanjut usia.

Pejabat FSA mengatakan hal yang dapat dilakukan untuk mencegah keracunan makanan adalah mencuci tangan setelah memegang ayam mentah dan memastikan ayam benar-benar masak. Namun di Inggris, masih banyak yang mencuci ayam mentah. (red)

Sumber : suara.com

Komentar

News Feed