oleh

Silaturahmi APKASI, Fadhil-Bakhtiar Hadir Bersama

Thehok.id – Acara silaturahmi Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) menjadi ajang pertemuan dan silaturahmi antar Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi. Bupati Batanghari M Fadhil Arief beserta wakilnya, Bakhtiar juga menghadiri acara ini pada Minggu (27/03/2022).

Selain itu dalam acara tersebut juga turut hadir Ketua Umum APKASI Indonesia, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Gubernur Jambi Al Haris, Bupati Kerinci Adirozal selaku Korwil APKASI Provinsi Jambi, Bupati Tebo Sukandar, Bupati Tanjab Timur Romi Haryanto, Bupati Sarolangun Cek Endra, Bupati Bungo Mashuri, Wakil Bupati Se-Provinsi Jambi, Forkopimda, serta seluruh Kepala OPD Kabupaten Kerinci.

Pada kesempatan itu Bupati Batanghari, M Fadhil Arief mengatakan, Pemkab Batanghari sangat mengapresiasi adanya pertemuan dan silaturahmi APKASI ini.

“Pertemuan ini merupakan ajang silaturahmi antar Kepala Daerah se Provinsi Jambi, disamping menjelang Bulan Puasa, juga terdapat tiga Kepala Daerah yang akan habis masa jabatannya,” ujar Fadhil.

Fadhil mengatakan bahwa pertemuan ini juga merupakan sebagai bentuk wadah kerjasama antar Kepala Daerah dalam mengembangkan UMKM di Provinsi Jambi, serta Bidang Pertanian maupun lainya untuk kemajuan Jambi kedepannya.

“Kita berharap ini akan menghasilkan ide dan gagasan antar Kepala Daerah untuk kemajuan Jambi kedepannya,” kata Fadhil.

Dirinya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Kerinci Adirozal, yang telah memberikan cindera mata berupa UMKM hasil karya masyarakat Kerinci.

Bupati Kerinci, Adirozal, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang ke Bumi Sakti Alam Kerinci yang dikenal dengan Sekepal Tanah Surga yang dicampakkan ke Bumi. Kegiatan ini sesuai jadwal kata Bupati, dilaksanakan selama Dua hari yakni 27 sampai 28 Maret 2022.

“Pertemuan ini dilakukan, selain silaturrahmi menjelang puasa bersama para Bupati, juga silaturahmi dengan Tiga Kepala Daerah yang akan habis masa jabatannya. Selain itu juga, membahas terkait isu strategis yang ada di Provinsi Jambi,” ujar Adirozal, selaku Korwil APKASI Provinsi Jambi.

Orang nomor Satu di Kabupaten Kerinci ini menyampaikan bahwa ini merupakan pertemuan yang Pertama kalinya APKASI di Kerinci. Dengan harapan kedepannya, akan terus berlanjut dan bergilir di Daerah.

Dijelaskannya, bahwa pertemuan ini membicarakan tentang UMKM yang ada di Provinsi Jambi, sehingga nantinya bisa dimasukan kedalam aplikasi UMKM yang dimiliki Provinsi Jambi. Selain itu juga, diketahui bahwa Kerinci ini merupakan salah satu tujuan wisata, banyak tempat objek wisata yang bisa dikunjungi.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempromosikan wisata Kerinci, berharap nantinya dibicarakan pada saat Munas APKASI. Sekali lagi, selamat datang di Kerinci,” ucap Adirozal.

Sementara itu Ketua Umum APKASI Indonesia, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih atas undangan dan persiapan sehingga kegiatan pertemuan dan silaturahmi APKASI ini berjalan lancar.

“Dalam hal ini kami mengucapkan terima kasih pada tuan rumah Bupati Kerinci sebagai Korwil APKASI Jambi,” ujarnya.

Diakuinya bahwa kegiatan ini merupakan pertemuan untuk memperkuat hubungan antar Kepala Daerah, untuk membahas melihat pertumbuhan ekonomi, mendorong UMKM yang ada di masing-masing Daerah. “Seperti di Kerinci, itu adalah hasil karya UMKM Kerinci, maka kita tolong pak Bupati, untuk dorong untuk Ekspor. Seperti tadi kita telah disuguhkan minuman khas Kerinci, maka nanti kita akan coba dorong baik makanan khas maupun wisata, akan kita populerkan dan bahkan nanti akan kita ekspos di Munas APKASI nanti,” tegasnya.

Gubernur Jambi, Al Haris, dalam sambutannya juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Kerinci, Adirozal, selaku Korwil APKASI Jambi dan sekaligus tuan rumah dalam pertemuan ini. Dikatakan Al Haris bahwa APKASI ini juga bertujuan membuka jaringan-jaringan ke Bidang Kementrian. Oleh karena itu, yang aktif di Kota APKASI ini.

“Ini juga suatu wadah untuk saling memperkuat masing-masing Pemerintahan, kalau kita bersatu padu saling mengasihi, saling belajar dan saling ingatkan untuk kemajuan Daerah, banyak sekali yang bisa didapat sesama anggota. Contohnya, teman-teman yang sudah maju bisa kita ambil dan contoh, yang masih lemah bisa belajar,” ucap Al Haris.

Al Haris juga menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah Pusat di sedang menggalakkan nilai-nilai kearifan lokal, nilai-nilai potensi produksi dalam Negeri ini sedang diangkat betul. Sebab, seiring dengan kondisi yang sudah mulai membaik ini Pemerintah berharap ada semangat dari pelaku UMKM para pelaku yang memproduksi dalam Negeri.

“Provinsi Jambi kita termasuk prestasi yang cukup baik bagi pertumbuhan Ekonomi Jambi adalah nomor Dua di Sumatera. Kalau melihat angka itu, bahwa kita punya potensi yang dikembangkan lagi di Bidang Pertanian maupun Bidang lainnya,” tambahnya.

Usai membuka acara, dilanjutkan dengan penyerahan plakat dan Cindera Mata berupa hasil UMKM Kerinci yang diserahkan langsung Bupati Kerinci, Adirozal kepada para Bupati yang hadir di acara pertemuan APKASI tersebut. Selanjutnya dilanjutkan dengan olahraga bersama dan Mancing bersama di objek wisata Kerinci di Kayu Aro. (red)

Komentar

News Feed