oleh

Pembangunan Masjid Al Azhar Dimulai: Gubernur Al Haris Letakkan Batu Pertama

Thehok.id – Proses pembangunan Masjid Al Azhar resmi dimulai. Sebagai tanda dimulainya pembangunan masjid tersebut, Gubernur Jambi, Al Haris melakukan peletakan batu pertama. Masjid tersebut dibangun di kawasan Jalan Penerangan, Kelurahan Bagan Pete, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi.

Pada kesempatan itu, Al Haris menyampaikan, keberadaan tempat ibadah sangat penting bagi masyarakat untuk menjalankan ibadah. Bagi umat muslim, keberadaan masjid sangat dibutuhkan. Karenanya saat ini, banyak masyarakat yang secara swadaya membangun tempat ibadah sendiri, seperti halnya masjid Al Azhar di Kelurahan Bagan Pete ini.

“Atas Nama Pemerintah Provinsi Jambi saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya, kepada seluruh warga Kelurahan Bagan Pete dan semua pihak, atas prakarsa, peran serta, dan kontribusinya dalam pembangunan Masjid Al-Azhar ini, semoga semua menjadi amal jariyah bagi kita semua semua,” katanya, Jumat (4/2/2022).

Baca Juga : Gubernur Al Haris Resmikan Gedung Mahligai 9 Bank Jambi

Al Haris mengatakan, Masjid Al-Azhar ini akan menambah kuantitas jumlah masjid di Provinsi Jambi. Urgensi pembangunan masjid menunjukkan pembangunan Islam dalam suatu masyarakat.

“Disini daerah baru memang perlu Majid, selain tempat ibadah juga dipergunakan tempat pengajian anak anak, kalau mesjidnya hidup orang yang beribadah banyak, baik yang tua juga muda Insya Allah, Allah akan memancarkan cahaya kebaikan di negeri kita ini,” kata Al Haris.

Gubernur Jambi mengharapkan penambahan kuantitas rumah peribadatan hendaknya juga diiringi dengan peningkatan kualitasnya.

“Masjid sebagai rumah peribadatan memiliki fungsi sentral dalam kehidupan masyarakat, dalam rangka meningkatnya kualitas sumber daya manusia yang terdidik, sehat, berbudaya, agamis dan berkesetaraan gender, sebagaimana tujuan dari misi ketiga dalam visi Jambi Mantap di bawah Ridho Allah SWT, fungsi sentral masjid dapat dimanfaatkan secara strategis untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Provinsi Jambi,” harap Al Haris.

Lebih lanjut Al Haris menuturkan, Masjid Al-Azhar, begitu juga masjid-masjid lainnya, nantinya akan seperti masjid di masa Rasulullah, tak hanya sebagai pusat ibadah, tetapi juga tempat melakukan muamallah.

“Menjadikan masjid sebagai pusat budaya dan ilmu pengetahuan, dalam rangka pembangunan dan peningkatan iman, ilmu akhlak dan karakter masyarakat lebih baik lagi,” tutur Al Haris.

Al Haris juga menjelaskan, dalam pembangunan masjid, tentu ada pasang surutnya, dengan kekompakan masyarakat Insya Allah cepat bisa berdiri, panitia pembangunan harus pandai mencari dana yang dibutuhkan.

“Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala melimpahkan berkah, rahmat dan kelancaran dalam pembangunan Masjid Al-Azhar Kelurahan Bagan Pete ini, serta nantinya Masjid Al-Azhar ini dapat memancarkan cahaya Islam, menyebarkan nilai kasih sayang sesama kita,” jelas Al Haris.

Pada kesempatan ini Gubernur Al Haris juga memberikan bantuan secara pribadi, yang diterima langsung oleh panitia pembangunan Masjid Al-Azhar. Selain itu Gubernur minta pada panitia pembangunan untuk membuat proposal, agar Pemerintah Provinsi Jambi dapat membantu lebih besar lagi, melalui anggaran perubahan tahun ini. (die)

Komentar

News Feed