oleh

Misi Artemis untuk Kedua Kalinya Ditunda NASA

Thehok.id – Misi Artemis untuk kedua kalinya ditunda NASA. Penundaan ini terjadi, lantaran masih adanya masalah teknis kecil yang belum terselesaikan. Adanya penundaan ini diumumkan langsung oleh pihak NASA pada Rabu (2/2/2022) lalu.

Misi Artemis I ini merupakan misi yang terdiri dari kegiatan uji coba roket Space Launch System (SLS) dan kapsul Orion ke Bulan. Ditargetkan, misi ini akan dilaksanakan pada sekitar April dan Mei mendatang.

Berdasarkan pengumuman NASA, adanya penundaan misi Artemis I ini akibat adanya kesalahan teknis kecil. Penundaan ini juga bukan untuk yang pertama kalinya. Di sisi lain, misi luar angkasa dengan perangkat keras baru terkenal karena penundaannya.

SLS dan Orion ditempatkan bersama dalam Vehicle Assembly Building (VAB) di Kennedy Space Center NASA, Florida. Tim Artemis sekarang harus mengeluarkan Artemis I dari VAB paling lambat pada Maret.

“NASA menambahkan waktu target untuk menyelesaikan penutupan di dalam VAB sebelum meluncurkan roket dan pesawat luar angkasa terintegrasi untuk pertama kalinya, kata NASA dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari CNET pada Jumat (4/2/2022).

Walau begitu, badan antariksa tersebut mengatakan tidak ada masalah besar apa pun yang menghambat misi Artemis I.

Sebelum NASA menetapkan tanggal peluncuran lebih tegas, tim berharap untuk menyelesaikan uji pemuatan propelan ke dalam roket terlebih dahulu.
Agensi menekankan bahwa SLS adalah roket yang besar dan tim berhati-hati saat melakukan pengujian dan persiapan sebelum diluncurkan.

Meskipun tidak akan ada awak yang terlibat dalam misi Artemis I, misi tersebut akan melakukan perjalanan mengelilingi Bulan, sebelum akhirnya NASA akan mengirim astronot kembali ke Bulan melalui misi Artemis selanjutnya.(ika)
sumber : jambiseru.com

Komentar

News Feed