Pengamat Kebijakan Publik Nasrul Yasir Minta Panitia PPDB Bekerja Transparan

Jambi, Thehok.id – Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi akan memulai masa pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK/SLB pada Juni 2024 mendatang.

Terkait hal ini, Pengamat kebijakan publik, Nasrul Yasir meminta agar penitia penerimaan peserta didik baru (PPDB) di Jambi tahun ajaran 2024-2025 ini bekerja secara transparan dan sesuai aturan. Hal ini bertujuan agar proses PPDB ini bisa berjalan maksimal dan tidak menimbulkan gejolak ditengah masyarakat.

“Jangan ada lagi permainan disini, ujung-ujungnya duit, agar yang bisa masuk itu memang benar-benar memenuhi persyaratan,” ujarnya pada Selasa (23/4/2024).

Selain itu, Nasrul juga meminta agar pihak terkait untuk memetakan daya tampung sekolah negeri. Jika disekolah negeri sudah tidak tertampung lagi maka akan dialihkan ke sekolah swasta.

“Kalau tidak tertampung bisa dialihkan ke sekolah swasta. Inilah peran pemerintah menghidupi sekolah-sekolah swasta,” tegasnya.

Nasrul mengatakan, Kepala sekolah jangan memaksakan daya tampung siswa yang bisaa berdampak pada pungutan kepada wali murid

Menurut Nasrul, saat ini yang menjadi kendala adalah terbatasnya daya tampung di sekolah-sekolah negeri di Kota Jambi.

“Orang tua murid juga harus berpikir jangan hanya memaksakan kehendak, sekolah swasta juga murah dan berkualitas, yang penting jangan sampai ada yang anak tidak dapat sekolah,” sebutnya lagi.

Terakhir, Pesan dia, agar dinas pendidikan memantau dan berperan aktif memenatau ke sekolah-sekolah.

“Ini yang harus di wanti-wanti dari jauh hari,” tutupnya. (lis)

Komentar