40 Bus Mudik Gratis Batal Berangkat Karena Banyak Pendaftar Iseng

Thehok.id – Sebanyak 40 bus mudik gratis batal berangkat karena banyak pendaftar yang iseng.

Menyikapi hal tersebut, Direktur Angkutan Jalan Kemenhub, Suharto, mengatakan jika pihak Kemenhub melakukan antisipas dengan menggunakan aplikasi Mitra Darat.

“Jadi yang terdaftar di program Mudik Gratis adalah masyarakat yang memang benar-benar serius dan membutuhkan,” ujar Direktur Angkutan Jalan Kemenhub, Suharto dalam Bincang Santai Jelang Berbuka 2023 ‘Mudik Aman dan Nyaman dengan Cashless’ secara virtual, Senin (17/4/2023).

Baca juga : Sanksi Bagi Pelaku Pelecehan Seksual : Dilarang Naik Kereta Api Seumur Hidup

Selama ini, lanjutnya, Kemenhub menemukan adanya kuota hingga 40 armada bus yang tidak digunakan oleh masyarakat yang sudah terdaftar dalam program mudik gratis. Dengan adanya aplikasi Mitra Darat, Kemenhub dapat dengan mudah melakukan pengecekan dan verifikasi terhadap masyarakat yang mendaftarkan dirinya melalui program tersebut.

“Kami juga menemukan terdapat 1.600 masyarakat yang mendaftarkan diri pada lebih dari 1 program mudik gratis yang disediakan oleh kementerian/lembaga lain,” ujar Suharto.

Dia mengungkapkan, Kemenhub melakukan verifikasi dan konfirmasi untuk memastikan program mudik gratis yang ingin diikuti oleh orang-orang yang namanya terdaftar pada lebih dari 1 program mudik gratis tersebut. Hal tersebut semakin mudah dilakukan karena adanya integrasi data yang dimiliki oleh Kemenhub dan k/l lain.

Baca selengkapnya klik disini

Komentar