Al Haris Sentil Kadis LH dan Kehutanan

Thehok.id – Gubernur Jambi, Al Haris sentil Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Kehutanan Provinsi Jambi. Hal ini karena serapan anggaran dikedua dinas tersebut terbilang rendah.

Hal itu disampaikan Gubernur Jambi, Al Haris saat membuka Workshop Nasional aksi perlindungan dan pengelolaan gambut yang berkelanjutan merajut kontribusi untuk folu net sink 2030 di Swissbell Hotel, Kota Jambi, Kamis (02/02/2023).

Dikatakan Al Haris, Provinsi Jambi adalah Provinsi didalam Program Bio Carbon Fund. Bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Untuk tahun 2022 lalu, Provinsi Jambi mendapatkan hibah Anggaran sebesar 32 milyar. Dengan hibah terbesar untuk Dinas Kehutanan Provinsi Jambi sebesar 7 milyar dan KPH sebesar 10 milyar.

Namun didalam akhir tahun 2022, Dinas Kehutanan Provinsi Jambi yang mendapatkan dukungan pendapatan hingga 7,1 millyar namun hanya mampu menyerap 1,5 milyar (22 %).

Sedangkan KPH bervarias. Dari total 10 milyar untuk KPH hanya terserap 5 milyar. Terendah KPH Merangin 16 %, dan tertinggi KPH Tanjabbar sebesar 47%.

Begitu juga Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi. Dari total anggaran 3,5 milyar namun baru mampu diserap 1,3 milyar (37%).

Sedangkan Bappeda mampu menyerap hingga 87,5% dari 3,3 milyar.

Dengan melihat capaian serapan anggaran menjadikan penilaian tersendiri bagi Gubernur Jambi didalam menilai kinerja Kepala Dinas.

“Kami sudah dapat hibah juga dari Bank Dunia sedang kerja sekarang ini, tapi masih rendah serapannya, saya melihat belum mampu menjabarkan di bawah,” ungkap Al Haris.

“Itu warning untuk mereka, ada dua itu yang tidak mampu menjabarkan program itu,” sebut Al Haris. (die)

Komentar