Persaingan E-Commerce di Indonesia Ketat, Pengusaha Adu Strategi

Thehok.id – Pada tahun 2022, persaingan e-commerce di Indonesia sangat ketat, bahkan banyak yang menyebut tahun ini sebagai “Tech Winter”.

Menyikapi persaingan ini, banyak pengusaha yang adu strategi untuk mempertahankan bisnisnya agar terus eksis.

Hal tersebut juga berlaku di industri e-commerce yang pertumbuhannya terus terjadi terutama semenjak lonjakan pandemi COVID-19 yang melanda dunia.

Skema strategi yang dilakukan tidak lagi sekadar menyiapkan promo dan diskon terbaik untuk menarik pengguna, tetapi meningkatkan kapasitas wadah yang dapat mendukung penjual untuk bertahan menjaga keberlangsungan bisnisnya.

Tanah Air, siapa juaranya?” Dari banyaknya e-commerce yang bertumbuh dan berkembang di Tanah Air, siapakah yang menjadi primadona di hati masyarakat?

Baca juga : Teknologi dari Mayar.id Ini Cocok Untuk pelaku UMKM

Sejauh ini tiga e-commerce yang terkenal dan paling banyak dicari masyarakat Indonesia ialah Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

Disebutnya ketiga jenama itu bukan tanpa alasan dan dapat dibuktikan lewat data dari App Annie di 2022 yang mencatat Shopee tercatat sebagai platform belanja daring nomor 1 di Indonesia dengan jumlah total unduhan terbanyak baik di Google Play atau Apple Store.

Ditambah dengan data dari SimilarWeb yang mengungkap bahwa Shopee menjadi marketplace dengan pengunjung website tertinggi dengan rata-rata 181 juta pengunjung per bulannya pada kuartal IV 2022.

Disusul dengan Tokopedia yang memiliki selisih pengunjung hingga 46 juta pengunjung dengan pengisi peringkat nomor satu atau memiliki rata-rata 135 juta pengunjung per bulannya.

Baca juga : Wuling Air EV Diklaim Sebagai Mobil Listrik Terhemat

Semuanya diperkuat dengan laporan dari Perusahaan Riset Ipsos yang rilis di 2022 mengungkapkan peta jalan persaingan industri e-commerce.

Dari empat penilaian indikator survei yakni BUMO, Top of Mind, jumlah transaksi, serta nilai transaksi bisa dibilang ketiganya menjadi juara.

Secara rinci BUMO ialah indikator merek yang paling sering digunakan atau Brand Use Most Often.

Shopee mendapatkan nilai tertinggi untuk indikator BUMO dengan 54 persen, lalu disusul Tokopedia 30 persen, dan Lazada 13 persen.

Dalam indikator Top of Mind, Shopee juga menduduki peringkat pertama dengan 54 persen, Tokopedia 27 persen dan Lazada 12 persen.

Baca selengkapnya klik disini

Komentar