Masyarakat Jambi Diminta Waka DPRD Provinsi Jambi Jaga Kebersihan Sungai

Thehok.id – Waka DPRD Provinsi Jambi, Pinto Jayanegara mengajak masyarakat Jambi untuk menjaga kebersihan Sungai Batanghari dengan cara tidak membuang sampah ke sungai serta melakukan pencemaran air sungai.

Ketua Yayasan Sahabat Sungai Batanghari (YSSB) ini pun mengatakan diperlukan kesadaran dari masyarakat itu sendiri untuk menyadari pentingnya kebersihan sungai.

Seperti diketahui, YSSB telah menggelar event Ekpedisi Milir Berakit 1 yang dilaksanakan pada 30 Desember 2022 lalu hingga 7 Januari 2023. Dalam kegiatan tersebut dilakukan kegiatan menelusuri Sungai Batang Tembesi lalu masuk ke Sungai Batang Hari. Jalur yang ditempuh sepanjang 250 km.

Menurut Pinto Jayanegara, kegiatan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengajak dan menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga Sungai Batang Hari.

Kegiatan ini dimulai dari depan rumah dinas Bupati Sarolangun dan berakhir di depan taman Tanggo Rajo depan rumah dinas Gubernur Jambi. Kedatangan tim ekspedisi Milir Berakit 1 ini disambut langsung oleh Gubernur Jambi, Al Haris pada Sabtu (7/1/2023).

Pinto Jayanegara juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jambi atas dukungan pada kegiatan ini.

“Selama saya ikut berakit banyak hal yang ditemukan, salah satu nya bahwa jenis ikan di sungai batanghari sudah berkurang dan saya ingat betul dulu sungai batanghari adalah menjadi jalur utama transportasi,” kata Pinto.

Lebih lanjut Pinto juga mengajak kepada seluruh masyarakat Jambi untuk terus menjaga dan mencintai sungai terutama yang tinggal di pinggir sungai, agar kebersihan sungai tetap terjaga. (die)

Komentar