Korban Jiwa Pesta Halloween Itaewon Bertambah Jadi 151 Orang

Thehok.id – Korban tewas dalam tragedi Halloween Itaewon diupdate menjadi 151 orang hingga Minggu 30/10/2022) siang. Jumlah ini bertambah dari jumlah sebelumnya yang berjumlah 149 orang. Selain itu, hingga saat ini ada 82 orang korban yang sedang dirawat karena terluka.

Peristiwa tragis ini menjadi duka nasional bagi Korea Selatan saat ribuan orang memadati distrik gang Itaewon, kawasan elit dan kekinian yang hits. Kawasan ini menjadi duka pada perayaan Halloween memasuki larut malam. Sebagian besar korban tewas dalam peristiwa ini adalah remaja usia 20 tahunan.

Korea Selatan terjadi Sabtu malam di sebuah gang sempit di dekat Hamilton Hotel, distrik Itaewon dikenal dengan kehidupan malam dan jadi lokasi untuk perayaan Halloween.

Dalam peristiwa ini, bukan hanya warga Korea yang menjadi korban. Namun 19 orang korban merupakan warga asing yang berasal dari Iran, Uzbekistan, China dan Norwegia.

Tragedi kemanusiaan ini adalah terburuk di Korea Selatan sejak tenggelamnya feri Sewol pada tahun 2014 yang menewaskan 304 orang, sebagian besar siswa sekolah menengah.

Saksi dan penyintas mengatakan sekelompok besar orang memadati ke gang menurun dengan lebar sekitar 4 meter dan langsung didorong ke bawah oleh orang lain.

Baca juga : Petaka Pesta Halloween, 149 Orang Tewas

“Orang-orang terus mendorong ke gang klub yang menurun, mengakibatkan orang lain berteriak dan jatuh seperti kartu domino,” tulis seorang saksi tak dikenal di Twitter.

“Saya pikir saya akan dihancurkan sampai mati juga karena orang-orang terus mendorong tanpa menyadari ada orang yang jatuh di awal penyerbuan.”

Presiden Yoon Suk-yeol berbicara kepada bangsa secara langsung dari kantor kepresidenan, mengatakan “tragedi dan bencana hari Sabtu seharusnya tidak pernah terjadi.”

Presiden juga mengumumkan masa berkabung nasional atas penyerbuan tersebut.

Sebelum berpidato di depan negara, Yoon juga memimpin dua pertemuan darurat berturut-turut, memerintahkan para pejabat untuk segera memberikan pertolongan pertama dan merawat yang terluka, kata kantor kepresidenan.

Yoon juga memerintahkan petugas untuk mengerahkan petugas medis darurat ke Itaewon dan mengamankan tempat tidur darurat.

Setelah memimpin rapat darurat di tengah desak-desakan, Yoon menginstruksikan para pejabat untuk menyelidiki secara menyeluruh penyebab kecelakaan itu.

Secara terpisah, Perdana Menteri Han Duck-soo menginstruksikan para pejabat untuk melakukan upaya maksimal untuk meminimalkan kerusakan.

Baca juga : Pesta Halloween Itaewon, 50 Orang Dapatkan CPR

Walikota Seoul Oh Se-hoon, yang sedang berkunjung ke Eropa, memutuskan untuk kembali ke rumah setelah kecelakaan itu, kata pejabat kota.

Hingga Minggu pagi, 355 laporan orang hilang telah dibuat sehubungan dengan kecelakaan itu, kata pemerintah kota Seoul.

Polisi mengatakan mereka melakukan upaya maksimal dalam mengkonfirmasi identitas para korban dan kemudian melakukan kontak dengan anggota keluarga mereka.

Polisi berencana untuk segera melakukan penyelidikan apakah bar dan klub di daerah itu mematuhi peraturan keselamatan.

Presiden AS Joe Biden menyatakan “belasungkawa terdalamnya.”

“Jill dan saya menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga yang kehilangan orang yang dicintai di Seoul. Kami berduka dengan rakyat Republik Korea dan mengirimkan harapan terbaik kami untuk pemulihan cepat bagi semua yang terluka,” kata Biden dalam sebuah pernyataan. , mengacu pada ibu negara Jill Biden.

“Aliansi antara kedua negara kita tidak pernah lebih hidup atau lebih vital – dan ikatan antara rakyat kita lebih kuat dari sebelumnya. Amerika Serikat mendukung Republik Korea selama masa tragis ini,” katanya. (red)

Sumber : suara.com

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----

Komentar