Al Haris Minta ASN Beli Beras Lokal Untuk Tekan Inflasi

Thehok.id – Gubernur Jambi mewajibkan seluruh ASN di lingkup Pemprov Jambi untuk membeli beras lokal. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mempercepat penurunan angka inflasi saat ini.

Dikatakan Al Haris, program ini didasari oleh masyarakat Jambi yang banyak mengkonsumsi komoditi beras premium.

“Maka beras akan mudah inflasi ketika harganya naik sedikit saja. Ini berdampak sekali dengan laju inflasi kita, maka kita mencoba untuk menekan inflasi tersebut,” ujar Al Haris.

Selain itu, ia juga mengungkapkan, bahwa cadangan masih banyak yang tersimpan di masyarakat artinya masih surplus.

“Kalau ini tidak kita manfaatkan sayang sekali, pertama nilai jual petani kita melemah, tidak ada yang beli, kalau kita beli ini, bisa juga meningkatkan tingkat ekonomi daripada petani kita,” jelas Al Haris.

“Ini ada mutualisme diantara kita,” tambahnya.

Al Haris mengatakan bahwa keuntungan lain yang bisa didapatkan, yakni mendapatkan beras baru dikarenakan beras tersebut merupakan beras lokal.

“Dia panen, gabahnya baru, langsung diolah jadi beras,” tuturnya.

Selain itu, keuntungan lain yang bisa didapatkan adalah harga beras yang cenderung murah, dikarenakan tidak adanya ongkos angkutan dalam harga beras tersebut.

“Kalau kita asumsikan ada 60 ribu ASN yang ada di Jambi, kalau itu kita berdayakan untuk membeli beras Jambi lumayan, petani terbantu, mengurangi daya beli kita terhadap beras premium dengan merek luar, yang harganya naik, ini banyak hal positif yang kita dapatkan,” ujar Gubernur Al Haris.

Kendati demikian, jumlah pembelian dibedakan antar ASN, dimana Gubernur Al Haris memaparkan Untuk Pejabat Eselon II dianjurkan minimal 20 kg, Pejabat Eselon III minimal 15 kg, Eselon IV 10 kg.

“Kalau mereka mau lebih gak papa, namun sementara itu (anjuran, red) yang kita tawarkan kepada mereka,” tutupnya. (die)

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----

Komentar