oleh

Pemerintah Targetkan Vaksinasi PMK Tahap II Selesai Agustus 2022

Thehok.id – Guna mencegah hewan ternak terjangkit PMK, Pemerintah Provinsi Jambi gencar melakukan vaksinasi PMK. Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (TPHP) Provinsi Jambi, Akhmad Maushul menyampaikan bahwa pihaknya menargetkan akan menyelesaikan proses pemberian vaksinasi PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) tahap kedua, pada hewan ternak yang ada di Provinsi Jambi dalam minggu ini.

“Untuk PMK di Provinsi Jambi, 22 Agustus, kondisi kemarin, terlapor 2.301 ekor yang sakit (terinfeksi), dan 85 persen atau 1.997 ekor yang sembuh, sisa 304 ekor lagi, ini masih terus diobati, kita harapkan yang 304 ini bisa segera sembuh, dan Jambi bisa keluar dari zona merah,” kata Akhmad Maushul, Selasa (23/8/2022).

Maushul juga mengungkapkan bahwa sampai saat ini belum terjadi peningkatan ataupun penurunan yang signifikan terkait kasus PMK, dimana kabupaten yang ditandai sebagai daerah hijau tetap hijau, seperti tebo dan bungo, dan kabupaten yang merah masih ditandai sebagai daerah merah, seperti di muaro Jambi kemudian di batanghari.

Sementara untuk penanganan hewan ternak yang sakit, Akhmad Maushul menjelaskan bahwa hewan ternak akan terus diobati, dan untuk penyakit seperti sariawan, obatnya sudah dibagikan ke Kabupaten dan Kota.

“Artinya diobati dengan betadine ya, yang sakit itu, untuk sariawannya itu ada obatnya, yang sudah kita drop ke Kabupaten Kota,” ujarnya.

Baca juga : DPR Minta Kapolri Buka Motif Pembunuhan Brigadir J ke Publik

Terkait proses penyembuhan hewan ternak, Akhmad Maushul menuturkan, bahwa Dinas TPHP memiliki tenaga kesehatan hewan di lapangan, yang setiap harinya akan melakukan rolling, mengontrol ternak yang sakit, dimana ternak itu sendiri juga diisolasi supaya tidak menyebarkan penyakitnya.

Sementara itu, mengenai realisasi vaksin, Akhmad Maushul mengungkapkan bahwa realisasi vaksinasi pada hewan ternak sudah mencapai hampir 90 persen.

“Dari 39.900 dosis yang sudah kita terima sudah terealisasi 36.874 dosis, sisa 3610 dosis lagi, yang banyak belum itu di batanghari, dan bungo, masih ada 1200 hingga 1500 lagi yang belum,” ungkapnya.

Ia menuturkan pada hari ini para nakes hewan yang di kabupaten setempat, batanghari dan bungo berusaha untuk mengejar ketertinggalan terget vaksinasi itu.

Baca juga : Hampir 100 Orang Personil Polisi Diperiksa Terkait Kasus Ferdy Sambo, Sebagian Sudah Ditahan

Akhmad Maushul, menargetkan untuk penyelesaian vaksinasi PMK tahap kedua ini akan selesai pada Minggu ini, karena ia mengungkapkan pada minggu depan sudah akan datang lagi vaksin yang ketiga.

“Kita masih minta total 85 ribuan dosis, akan datang lagi sekitar 30 ribuan lagi yang akan datang,” tuturnya.

Rencananya vaksin tahap ketiga itu, nantinya juga akan dibagikan pada 11 Kabupaten/ Kota lagi, dan difokuskan pada daerah yang berstatus zona hijau. (red)

Sumber : jernih.id

Komentar

News Feed