oleh

Makam Syekh Ahmad di Tebo Akan Jadi Cagar Budaya Provinsi Jambi

Thehok.id – Gubernur Jambi Al Haris mengatakan bahwa makam Syekh Ahmad atau Nenek Sungai Macang di Desa Teluk Kuali, Kecamatan Tebo Ulu, Kabupaten Tebo, akan dimasukkan dalam situs cagar budaya Provinsi Jambi.

Al Haris meminta agar makam tersebut dipugar sebaik mungkin sehingga menarik orang untuk berziarah atau berkunjung ke makam Syekh Ahmad tersebut.

“Ini akan kita masukan dalam wilayah cagar budaya Provinsi Jambi, nanti Pokdarwis (Kelompok sadar wisata) haru menguasai ceritanya siapa tokoh beliau ini, asalnya dari mana, wafatnya kapan,” kata Al Haris saat ziarah ke makam Syekh Ahmad, Selasa (23/08/2022).

Selain meminta pemugaran makam, Al Haris juga menyarankan agar disekitar makan diberikan informasi mengenai tokoh agama yang berasal dari Kabupaten Tebo.

“Nanti bikin prasasti agar setiap orang yang berkunjung bisa membaca berwisata religi siapa tokoh ini,” ujarnya.

Di Tebo lanjut Al Haris banyak tokoh sejarah yang dianggap keramat dan penting untuk dipugar karena menjadi rute ekspedisi sungai Batanghari.

“Di Tebo ini banyak tokoh sejarah yang kita anggap punya talenta, makamnya dianggap keramat. Ini penting saya kira, ini termasuk yang dilintasi kenduri Swarnabhumi dan poinnya ada disini (Makam Syech Ahmad).

Sekitar makam Syekh Ahmad akan menjadi titik Festival Negeri Pemuncak Swarnabhumi Desa Teluk Kuali, Kecamatan Tebo Ulu, Kabupaten Tebo yang diselenggarakan 24 dan 25 Agustus 2022. (die)

Komentar

News Feed