oleh

Konsumsi Cabai Masyarakat Jambi Capai 25 Ton Per Hari

Thehok.id – Konsumsi cabai masyarakat Provinsi Jambi tergolong tinggi yakni mencapai 25 ton per hari. Hal inilah yang menyebabkan harga cabai masih cenderung tinggi.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi, Kemas Muhammad Fuad, melalui Kabid Pengembangan Perdagangan, Harmadeli mengatakan selain tingginya angka konsumsi, kurangnya produksi juga mempengaruhi harga.

“Karena di Jambi dinilai produksinya belum terlalu banyak. Daerah penghasil cabai itu di daerah kerinci, Merangin dan Muaro Jambi. Untuk Konsumsi cabai di Jambi sebanyak diatas 25 ton perhari,” katanya, Senin (22/8/2022).

Sementara untuk pasokan cabai merah di Jambi mencapai 10 sampai 12 ton yang disuplai dari luar daerah, seperti Palembang, Jawa Barat, Jawa Timur, dan lainnya.

Baca juga : Puluhan Juta Data Pelanggan Indihome Didiga Bocor

“Jika dibandingkan konsumsi cabai dengan pasokan yang masuk tidak sesuai, dan hal tersebut membuat masih tingginya harga cabai di Kota Jambi,” jelas Harmadeli.

Selain itu, ia juga menerangkan belum normalnya harga cabai karena terbatasnya pasokan cabai lokal, harga pupuk yang tinggi serta pengaruh cuaca ekstrem dan faktor yang lainnya.

Untuk saat ini, harga cabai masih tinggi namun sudah turun jika dibandingkan hari kemarin, walaupun turunnya hanya Rp 10 ribu.

“Standarnya harga 30 ribu tapi saya rasa tidak bisa untuk dalam waktu dekat ini, karena pasokan di Jambi ini dari luar dan banyak kendala. Seperti angkutan, kenaikan BBM sebagai salah satu faktor cabai itu lebih tinggi, harga pupuk mahal, gagal panen karena cuaca kadang panas kemudian tiba-tiba hujan, itu mempengaruhi juga,” tutur Harmadeli.

Baca juga : Terkait Dugaan Kebocoran Data Pelanggan, PLN : Data dan Transaksi Aman

“Produk lokal belum tercukupi untuk kita masih butuh dari luar karena produksi lokal tidak begitu banyak, yakni Kerinci, Jangkat, Muaro Jambi sedang konsumsi per hari cukup tinggi,“ tambahnya.

Sementara itu, untuk pantauan harga di Pasar Angso Duo Baru Jambi hari ini tercatat harga cabai merah keriting mengalami penurunan harga dari Rp.68.000 menjadi Rp.60.000, diikuti cabai merah besar mengalami penurunan harga dari Rp.70.000 menjadi Rp.62.000 dan cabai rawit hijau mengalami penurunan harga dari Rp.75.000 menjadi Rp.58.000. (red)

Sumber : jernih.id

Komentar

News Feed