oleh

Masjid Nuru Nikmatilah di Jambi Berasitektur Timur Tengah

Thehok.id – Masjid Nuru Nikmatillah yang terletak di Kelurahan Sungai Putri, Kota Jambi mengadopsi arsitektur unik seperti Ka’bah di Mekah, Arab Saudi, ini menghadirkan pengalaman beribadah sekaligus tempat wisata religi nan menarik.

Penjaga Masjid, Adi Susanto, mengatakan atas kesepakatan bersama pengurus untuk berbeda dengan masjid yang lain, masjid ini identik berbentuk Ka’bah untuk membedakan dengan masjid lain yang kebanyakan kubahnya bulat dan segiempat.

“Kalau dari arsiteknya karena di Jambi tidak ada seperti ini dan di Sumatera cuma kita. Di Pekanbaru, Padang, Kerinci, kita Alhamdulillah masjid ini sudah tau orang dimana-mana bahwa masjid Ka’bah di Sungai Putri dan InsyaAllah nanti kedepannya menjadi icon Jambi”, terang Adi.

Lanjutnya, didalam masjid kesannya klasik-klasik mewah, kita pengen didalamnya suasana Timur Tengah tidak ada tiang, plong, dan tampak lebar, luas, besar, nyaman.

“Kita nanti ada gerbangnya seperti gerbang Madinah, tanaman penghijauannya ada kurma-kurma, lahan parkir masih kita perluaskan lagi, masih banyak yang mau dalam proses pengerjaan”, uajrnya.

Selain bentuk kubah yang sangat ikonik, Kata Adi, konsep masjid minimalis kesannya mewah, Masjid Nuru Nikmatillah mengadopsi gaya arsitektur Timur Tengah. Dinding luar juga dikelilingi dengan ukiran bertulisan kalimat syahadat.

“nanti dengan lampu berwarna putih yang dapat dilihat dari luar yang mengelilingi di dinding masjid, di kubah Ka’bahnya bertulisan masjid Nuru Nikmatillah dari akrilik”, jelasnya.

Untuk diketahui, pembangunan dimulai sejak sekitar tahun 2015 itu merupakan hasil iuaran dan punya masyarakat kelurahan Sungai Putri, namun pembangunan masjid tidak bisa dipastikan kapan selesainya dikarenakan bergantung pada donasi dana dari donatur, ditambah lagi bahan-bahan yang dibutuhkan masjid ini tidak ada di Jambi, langsung dari Jakarta.

“Masjid ini belum diresmikan, InsyaAllah nanti rencana ketika diresmikan ingin mengundang ustad-ustad besar dan ingin mengundang semua donatur, semoga masjid ini bertambah ramai, adanya masjid ini menarik masyarakat berbondong-bondong ke masjid dan sejauh ini kebanyakan dari orang mampir”, tukuk Adi.

Untuk orang-orang baik yang ingin membantu pembangunan masjid Nuru Nikmatillah bisa datang langsung ke kotak orange di depan masjid atau bisa melalui rekening a/n pengurus masjid Nuru Nikmatillah Bank BTN 0003801500626573 dan Bank BSM 7136420806. (red)

Sumber : ampar.id

Komentar

News Feed