oleh

Wajib Tahu! Ini Cara Cek BPJS dengan NIK

Thehok.id – BPJS Kesehatan saat ini menjadi satu hal yang sangat penting mengingat masalah kesehatan bisa terjadi kapan saja. Tak hanya itu, kartu BPJS yang berisi identitas peserta sebaiknya selalu dibawa kemanapun anda pergi agar lebih mudah jika dibutuhkan sewaktu-waktu. Namun bagaimana jika kartunya tertinggal jika anda membutuhkannya? Jangan khawatir, karena saat ini anda bisa mencoba cara cek BPJS Kesehatan dengan NIK.

Bagaimana cara cek BPJS Kesehatan dengan NIK? BPJS Kesehatan memudahkan semua pesertanya untuk melakukan cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK KTP, supaya bisa digunakan peserta saat diperlukan. Simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK melalui SMS

BPJS Kesehatan menyediakan layanan SMS Gateway untuk memudahkan setiap peserta mendapatkan informasi melalui pesan singkat. Layanan SMS Gateway tersebut dapat diakses melalui nomor jaringan seluler nomor 08777-5500-400.

Untuk bisa menggunakan layanan ini, Anda harus memastikan pulsanya mencukupi untuk mengirim dan menerima SMS.

Cara cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK ini cukup mudah, yaitu Anda hanya perlu mengirim SMS ke nomor 08777-5500-400 dengan format: NIK(spasi)Nomor NIK.

2. Cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK melalui WhatsApp

Selain SMS Gateway, BPJS Kesehatan juga telah menyediakan layanan Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp (PANDAWA) di aplikasi WhatsApp. Tapi perlu diperhatikan karena setiap kantor cabang BPJS Kesehatan memiliki layanan PANDAWA dengan nomor yang berbeda-beda.

Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu nomor PANDAWA kantor cabang BPJS terdekat, kemudian Anda bisa mengirimkan pesan WhatsApp ke nomor tersebut untuk cek BPJS Kesehatan dengan NIK.

Bahkan, Anda juga bisa mengakses fitur lainnya seperti mengubah data identitas, mengubah faskes tingkat pertama, ubah data golongan dan gaji, ubah jenis kepesertaan, dan sebagainya. Namun sayangnya, layanan PANDAWA ini hanya beroperasi setiap hari Senin sampai dengan Jumat pukul 08.00-15.00 waktu setempat.

3. Cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK via Mobile JKN

Jika terkendala cek nomor BPJS Kesehatan dengan NIK melalui SMS atau WA, silakan gunakan Aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh di Google Play Store maupun App Store. Anda dapat mengikuti cara cek BPJS Kesehatan berikut:

– Buka aplikasi Mobile JKN, lalu login dengan NIK dan password.

– Ketik kode captcha di kolom yang sudah disediakan, lalu klik Login.

– Pilih menu Peserta, maka nomor BPJS Kesehatan dapat dilihat di kartu digital yang ada di dalam aplikasi tersebut.

Selain ketiga cara cek BPJS Kesehatan dengan NIK yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa cek nomor BPJS Kesehatan melalui media sosial, call center, atau datang langsung ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan terdekat. (red)

Sumber : suara.com

Komentar

News Feed