HBA : Setiap 2 Juli Kita Peringati Hari Adat Jambi

Thehok.id – Tanggal 2 Juli ditetapkan sebagai hari adat Melayau Jambi. Penetapan ini dilakukan oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi.

Peringatan hari lembaga adat Jambi pada tanggal 2 Juli 2022 mendatang merupakan hal yang pertama kali.

Ini diungkapkan Ketua LAM Jambi, Hasan Basri Agus (HBA) saat acara Halal Bihalal LAM Jambi dan Himpunan Perempuan Melayu Jambi (HPMJ) pekan lalu.

“Sudah ditetapkan 2 Juli hari adat Jambi. Kita tetapkan hari adat Jambi pada tanggal 2 Juli tiap tahunnya, tahun ini yang pertama kita peringati,” kata HBA.

HBA menyebutkan hari adat baru ditetapkan sejak kepengurusan LAM periode saat ini, dan itu berdasarkan cerita lama bahwa 2 Juli 1502 sudah pernah ada pertemuan lembaga adat se Jambi di bukit siguntang-guntang Tebo.

“Ternyata tanggal 2 Juli 1502 sudah pernah sudah ada pertemuan lembaga adat SE provinsi Jambi di bukit siguntang-guntang Tebo, pada saat itu dipimpin orang Kayo Hitam. Itulah yang menjadi dasar bahwa kedepan agar adat ini lestari kita tetapkan hari adat se provinsi Jambi pada tanggal 2 Juli setiap tahunnya,” ungkap HBA.

Terkait peringatan hari adat 2 Juli, disebut HBA untuk 2 Juli 2022 tahun ini LAM Provinsi Jambi sudah mengintruksikan LAM Kabupaten dan Kota untuk mengikuti acara itu.

“Kita akan melakukan kegiatan sosial, kegiatan baca Yasin qulhu tahlil di makam orang yang pernah menjadi ketua LAM Jambi Pak Manaf dulu Gubernur Jambi, Pak Syukur ketua DPRD dan Pak Hasif. Ada juga acara sosial, saluko adat dan sebagainya,” sebut HBA. (red)

Sumber : pariwarajambi.com

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV7.

-----

Komentar

News Feed