Bingung Mau Kuliah? Kamu Perlu Lakukan Hal Ini Agar Masuk Jurusan yang Tepat

Thehok.id – Sebelum memasuki bangku kuliah dan salah dalam memilih jurusan, alangkah baiknya jika kamu calon mahasiswa untuk melakukan tes minat dan bakat terlebih dahulu.

Tes minat dan bakat ini akan sangat membantu kamu dalam memilih jurusan yang tepat. Melalui tes ini, kamu bisa mengetahui potensi dan passion dengan lebih baik.

Sebenarnya apa sih tes minat dan bakat ini? Mengapa kamu perlu mengikuti tes minat bakat sebelum memilih jurusan kuliah?

Apa itu tes minat dan bakat?

Sesuai namanya tes minat dan bakat adalah tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan kognitif, ketertarikan atau minat, dan juga kepribadian seseorang pada satu jurusan atau bidang. Pada tes minat dan bakat menggunakan alat uji khusus. Hasil komponen uji tes minat dan bakat meliputi kemampuan, minat, kepribadian, nilai kehidupan, hingga gaya belajar yang cocok buat kamu.

Tes minat biasanya dibagi dalam tiga tahapan, yaitu aktivitas kesukaan, profesi yang disukai, dan aktivitas dengan kemampuan. Sedangkan pada tes bakat biasanya meliputi lima tahapan yaitu penalaran deduktif, aritmatika, induktif, reasoning, dan spasial.

Apa yang dilakukan saat tes minat dan bakat?

Tes minat dan bakat terdiri dari serangkaian tes yang meliputi beberapa penilaian. Beberapa aspek yang dinilai adalah kepribadian, ketertarikan pada belajar dan karir, bakat dan keterampilan, serta nilai-nilai kehidupan. Kamu akan diberikan beberapa pertanyaan atau soal yang perlu dijawab. Jangan khawatir, dalam tes minat dan bakat tidak ada jawaban salah atau benar. Berikut ini beberapa perbedaan tes bakat dan tes minat.

Tes bakat – tes bakat digunakan untuk menguji tingkat intelegensi siswa. Tes ini digunakan untuk mendapatkan gambaran umum tentang kemampuan kognitif siswa. Beberapa aspek yang diukur adalah kemampuan verbal, daya ingat, dan logika berpikir.

Tes minat – tes minat mengukur kecenderungan atau minat siswa pada bidang studi dan jurusan tertentu. Tes ini juga digunakan untuk melihat kecenderungan kepribadian seseorang.

Meskipun sedikit berbeda, namun tes minat dan bakat ini biasanya dilakukan sebagai satu paket. Sehingga kamu akan langsung mengetahui minat dan bakat kamu terhadap jurusan atau karir.

Pentingnya tes minat dan bakat sebelum kulliah?

Apa pertimbangan kamu saat memilih jurusan kuliah? Ada banyak alasan orang-orang dalam memilih jurusan kuliah misalnya prospek karir yang bagus, senang dengan jurusan tertentu, ikutan teman, atau bahkan karena pilihan orangtua. Memang tidak ada patokan khusus dalam memilih jurusan kuliah, namun yang paling tepat adalah memilih jurusan berdasarkan minat dan bakat.

Melakukan tes minat dan bakat sebelum memilih jurusan kuliah membantu kamu menemukan passion dan minat yang sebenarnya. Kamu bisa mengetahui potensi diri yang digunakan sebagai pertimbangan dalam memilih jurusan hingga karir. Tes minat dan bakat ini membantu mengurangi resiko salah jurusan.

Salah jurusan mempunyai efek yang tidak kecil. Kamu akan merasa terbebani dengan jurusan yang tidak sesuai passion namun juga tidak mudah untuk pindah jurusan. Oleh karena itu, calon mahasiswa sebaiknya melakukan tes minat dan bakat agar bisa memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan minat.

Sebuah studi mengungkapkan bila mengetahui minat dan bakat menjadi dasar untuk memilih jurusan yang tepat. Langkah ini membantu mengurangi angka pengangguran. Faktanya 87% total pengangguran disebabkan karena mahasiswa yang salah mengambil jurusan saat kuliah. Kamu tentu tidak ingin menjadi salah satu dari golongan ini, kan?

Apa yang harus dilakukan setelahnya?

Tes minat dan bakat memang memberikan gambaran passion dan minat pada suatu jurusan dan memberikan rekomendasi jurusan yang sesuai. Meskipun begitu kamu tidak harus langsung menerima begitu saja hasil tes. Artinya kamu tetap perlu melakukan riset jurusan sebagai usaha untuk memantapkan pilihan. Cari tahu tentang jurusan apa saja yang sekiranya sesuai dengan passion dan minat. Pertimbangkan kelemahan dan kekurangannya sebelum akhirnya memilih salah satu.

Memilih jurusan kuliah bukanlah hal yang dilakukan dengan mudah. Berbekal hasil tes minat dan bakat serta hasil riset jurusan, kamu bisa berkonsultasi dengan guru atau orangtua untuk memberikan masukan. Pertimbangkan semua aspek agar kamu tidak menyesal dikemudian hari.

Di mana tes minat dan bakat bisa dicoba?

Tes minat dan bakat biasanya diadakan secara kolektif dari sekolah atau universitas, seperti yang dilakukan oleh Gunadarma. Dengan tes yang disediakan ini, kamu akan terbantu dalam menganalisis segi akademis dan kepribadian kamu sendiri. Tes ini bermanfaat untuk menentukan minat dan bakat ketika memilih jurusan atau karir kamu. (red)

Sumber : Suara.com

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV7.

-----

Komentar