oleh

Tingkatkan Hasil Pertanian, Pemkab Batanghari Siapkan Penyuluh Pertanian

Thehok.id – Untuk meningkatkan hasil produksi pertanian di Kabupaten Batanghari, Pemkab telah menyiapkan tenaga penyluh pertanian yang akan disebarkan ke desa-desa.

Dengan adanya tenaga penyuluh pertanian ini, diharapkan dapat mengedukasi petani dalam memilih bibik yang baik dan dapat menanbah pengetahuan petani dalam bidang pertanian. Saat ini tenaga penyuluh pertanian tersebut sedang dalam tahap seleksi.

“Tahun ini kita selesaikan seleksinya, sebentar lagi akan kita turunkan ke desa-desa,” kata Bupati Batanghari Fadhil Arief, (18/3/2022).

Diketahui di Batanghari mengalami penurunan produksi terhadap padi dan tanaman karet namun tidak untuk tanaman sawit yang saat ini naik produksinya.

“Kita inginkan produksi sawit naik diimbangi dengan maksimalnya petani mengolah kebun sawitnya. Kita ketahui, saat ini rata-rata kebun sawit di Batanghari menghasilkan tiap hektare hanya 350 kilogram per bulan. Ini jauh dari idealnya, idealnya sudah sampai 3 ton rata-rata per bulan,” ucapnya.

Fadhil menilai ternyata sebagian besar petani tidak cukup tahu, tidak cukup paham dan tidak berdaya untuk memilah mana bibit yang baik dan mana yang tidak. Selanjutnya, petani ini tidak cukup berdaya melakukan perawatan terhadap kebun yang ditanamnya.

“Penyuluh pertanian inilah yang kita harapkan bisa menambah dan mengembangkan pengetahuan dari petani yang ada di setiap desa,” katanya.

Fadhil akui pembangunan itu memang sulit tapi lebih sulit lagi membangun manusia. Apabila manusianya sudah terbangun maka akan lebih gampang mengurai masalah.

“Kita akan mengenali apa yang menjadi masalah dan yang dihadapi Pemkab Batanghari. Selama ini, begitu banyak bibik kelapa sawit subsidi dari pemerintah dan ternyata produksinya tidak rata. Tahun ini akan direncanakan tempat produksi bibit kelapa sawit. Namun saya belum mengetahui apakah bisa dilaksanakan atau tidak,” ucapnya. (red)

Komentar

News Feed