oleh

Internet Gratis

Musri Nauli

Thehok.id – Dalam perjalanan dan tugas ke berbagai Desa di Provinsi Jambi, tiba-tiba mata saya tertuju ke wifi yang terletak di Kantor Desa. Dengan rasa penasaran, saya kemudian bertanya kepada Kepala Desa.

Alangkah kagetnya saya ketika Kepala Desa kemudian menerangkan adanya internet gratis untuk Pemerintah Desa.

Dengan rasa penasaran saya kemudian menanyakan lebih jauh. Apakah yang dimaksudkan dengan internet gratis ?

Dengan tersenyum dan tegas, Kepala Desa hanya berujar pendek. “Jambi mantap, bang”. Kamipun tertawa Bersama.

Yap. Misi Jambi Cerdas dan Jambi Pintar kemudian diturunkan menjadi program “internet gratis”. Program yang langsung dirasakan di Pemerintah Desa.

Menurut pemberitaan, Kebutuhan internet itu terutama pada desa yang mengalami blankspot. Untuk itu Pemerintah Provinsi Jambi akan membangun infrastruktur jaringan dan memberikan layanan internet gratis kapada desa di kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi.

Program tersebut dalam Jambi Cerdas dan Pintar sebagaimana melekat pada Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Jambi dengan menggunakan APBD 2022 sebesar Rp 4.835.160.000.

Dari beberapa desa yang saya kunjungi, ternyata beberapa Desa kemudian termasuk kedalam Desa yang “beruntung” mendapatkan program Internet gratis.

Dari 121 desa di kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi yang berada di 11 kabupaten kota se Provinsi Jambi, sudah ada 6 kabupaten yang sudah terkoneksi internet di Desa. Target Diskominfo, menjelang lebaran idul fitri ini, semua sudah terkoneksi.

Didalam berbagai kesempatan, Al Haris berjanji mendirikan 1000 tower internet gratis jika terpilih menjadi gubernur Jambi. Tower akan dipasang di setiap desa yang mengalami kesulitan sinyal.

Kampanye ini semata-mata kegundahan Al Haris sebagai Gubernur Jambi melihat ketertinggalan informasi di Desa-desa yang jauh dari akses informasi.

Sekedar gambaran, berbagai data menunjukkan, hanya 52 % penduduk di Jambi mendapatkan akses internet. Sekalian jauhnya dari pusat ibukota Kecamatan, desa-desa yang Tertinggal informasi juga kurang mendapatkan perhatian dari Pemerintah.

Alasan inilah yang kemudian menjadi perhatian Al Haris untuk mencanangkan “Jambi Cerdas-Jambi Pintar”. Salah satunya program Internet gratis sebagai terjemahan dari program Dumisake.

Tagline yang menjadi perhatian dari masyarakat pedesaan.

Kampanye sekaligus janji ini disampaikan didalam berbagai kesempatan ketika mendatangi berbagai desa. Desa yang jauh dari akses internet.

Program ini kemudian disukai dan menarik perhatian publik.

Setelah Dilantik, konsentrasi dan mempersiapkan pemenuhan janji kemudian dikebut. Persiapan matang sekaligus memastikan Desa yang mendapatkan dukungan internet gratis kemudian disusun.

Memasuki bulan Februari, Pemerintah Provinsi Jambi kemudian menyosialisasikan ke berbagai Kabupaten untuk pelaksanaan program ini.

Dan akhirnya berbagai Desa merasakan program Pemerintah Provinsi Jambi. Sekaligus merasakan langsung dari janji politik Al Haris-Sani ketika kampanye Pilgub Jambi 2020. (red)

Komentar

News Feed