oleh

Tingkatkan Keamanan ASEAN, Amerika Serikat Jual Jet Tempur ke Indonesia

Thehok.id – Pemerintah Amerika Serikat melalui Menteri Luar Negerinya, Antony Bliken pada Kamis (10/2/2022) mengatakan bahwa pihaknya akan menjual pesawat jet tempur F15 ke Indonesia. Pesawat tersebut akan dijual dengan harga $13,9 miliar atau setara Rp 200 triliun lebih.

Pesawat jet tempur yang akan dijual berjumlah 36 unit. Penjualan persenjataan ke Indonesia meliputi 36 jet tempur F-15 serta mesin dan peralatan terkait, termasuk amunisi dan sistem komunikasinya.

“Penjualan persenjataan ini akan mendukung tercapainya tujuan kebijakan luar negeri dan tujuan keamanan nasional Amerika Serikat,” kata Deplu AS dalam sebuah pernyataan.

“Sangat penting bagi kepentingan nasional AS untuk membantu Indonesia mengembangkan dan mempertahankan kemampuan pertahanan yang kuat dan efektif,” tambahnya.

Pernyataan itu tidak secara eksplisit menyebutkan China, tapi Pemerintah AS secara berkelanjutan telah berusaha meminta Indonesia, negara demokrasi berpenduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia, untuk meningkatkan pengaruhnya di Laut China Selatan dan di tempat lainnya di Pasifik.

Indonesia menjadi markas besar ASEAN, yang beberapa negara anggotanya sedang kesulitan untuk menangani pergerakan China ke wilayah sengketa di Laut China Selatan, yang merupakan jalur pelayaran internasional utama.

Namun, penjualan persenjataan militer AS ke Indonesia ini berada di bawah pengawasan dan sempat tertunda sebelumnya karena masalah HAM. (red)

Komentar

News Feed