oleh

Sekda Harap Lulusan UMJ Berjiwa Enterpreunership

Thehok.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, H. Sudirman, S. H., M. H., mengharapkan lulusan Universitas Muhammadiyah Jambi (UMJ) selain menjadi insan cendikia yang berkualitas dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan pengetahuan agama, juga memiliki jiwa entrepreneurship. Hal tersebut disampaikan Sekda saat menghadiri Sidang Terbuka UMJ pada Wisuda Sarjana ke-3 Tahun Akademik 2021-2022, bertempat di bertempat Abadi Convention Center (ACC) Jambi, Rabu (16/02/2022).

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Jambi, saya menyampaikan apresiasi kepada UMJ, atas kiprah dan pengabdiannya di dunia pendidikan selama ini. Terima kasih telah turut mewarnai proses perjalanan masyarakat Provinsi Jambi dengan cita cita penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat,” ujar Sudirman.

Sudirman berharap, para lulusan ini tak hanya mendapatkan pekerjaan yang baik tapi juga bisa berwirausaha dan bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain. Apapun yang dipilih kedepannya, diharapkan akan bermuara pada peningkatan ekomoni. Terlebih di era digital saat ini, diharapkan lulusan ini nantinya dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dengna baik.

“Untuk itu para wisudawan dan wisudawati harus menyiapkan diri dengan berbagai kompetensi dan keahlian sehingga siap menyongsong era kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi yang disatu sisi mengurangi jumlah tenaga kerja, namun pada sisi lain bisa membuka peluang peluang usaha lain, terutama yang menggunakan platform digital bisa menjadi salah satu pilihan berusaha guna menciptakan kemandirian ekonomi,” lanjut Sekda.

Selain itu, Sekda juga berpesan kepada wisudawan dan wisudawati agar terus meningkatkan kompetensi, karena yang memiliki kompetensi sangat baik akan memiliki daya saing tersendiri. Kompetensi dan daya saing yang baik akan terbentuk dengan adanya keilmuan (knowledge), keterampilan (skill), dan cara berpikir dan sikap (attitude).

“Jangan hanya berpikiran untuk menjadi ASN atau tenaga kerja formal, tetapi berpikiran lebih terbuka dan berusaha untuk menjadi wirausaha, maka belajar dan berusahalah untuk menjadi entrepreneur dengan melahirkan dan menumbuhkan usaha ekonomi kreatif karena ekonomi kreatif dapat menjadi pilar yang sangat penting dalam perekonomian daerah dan nasional,” pesan Sekda.

Rektor Universitas Muhammadiyah Jambi, Dr.Nurdin,S.E.,M.E., mengatakan, UMJ terus berupaya untuk berkembang dan memacu diri sebagai sebuah PTS yang menjadi kebanggaan masyarakat Jambi dengan motto yaitu Profesional, Enterpreneur dan Islami. Ada beberapa perkembangan kinerja UMJ baik dalam aspek akademik, kemahasiswaan dan perkembangan pembangunan infrastruktur kampus UMJ.

“Atas nama pimpinan dan seluruh civitas akademika UMJ mengucapkan selamat kepada para wisudawan wisudawati, dan senantiasa terus meningkatkan kualitas diri dan mampu menyumbangkan ilmunya ditengah tengah masyarakat serta terus meningkatkan keterampilan, keahlian dan profesionalitas diri,” kata Nurdin. (Die)

Komentar

News Feed