Masnah Hadiri Studi Banding PI 10% di Bandung

Thehok.id – Terkait penerimaan dan pengelolaan PI 10 %, Bupati Muaro Jambi Masnah Busro menghadiri rapat studi banding yang dilaksanakan di Bandung pada Kamis, (3/2/2022).

Hadir juga gubernur jambi, Al haris dan ketua DPRD provinsi jambi, Edi Purwanto yang disambut langsung oleh gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil digedung pakuan rumah dinas gubernur Jawa Barat.

Kegiatan itu juga turut dihadiri oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) Hairan, kedatangan mereka disambut baik oleh Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil. Kegiatan studi banding itu dilakukan di Gedung Pakuan Rumah Dinas Gubenur Jawa Barat.

Bupati Muaro jambi Masnah Busro menyampaikan, kegiatan Studi Banding itu sekaligus silaturahim bersama Gubernur Jawa Barat Riduwan Kamil.

“Adanya studi banding terkait penerimaan dan pengelolaan PI 10 persen ini mudah mudahan bisa diterapkan di Kabupaten Muarojambi,” kata Masnah.

Menurut Gubernur Jabar, Ridwan Kamil yang juga Ketua Asosiasi Daerah Penghasil Migas dan Energi Terbarukan (ADPMET), pihaknya mendukung penuh dan akan berupaya agar semua daerah ikut terlibat dalam pengelolaan migas.

“Saya sangat mendukung dan siap membantu lahir batin,” ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil.

Emil menjelaskan, PI 10 persen adalah besaran maksimal 10 persen pada Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang wajib ditawarkan oleh kontraktor kepada BUMD atau BUMN, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No 37 Tahun 2016.

Dalam pengelolaan PI 10 persen, kata dia, PT Migas Hulu Jabar sebagai BUMD Jabar sudah memperoleh keuntungan. Sehingga, menambah pendapatan asli daerah yang dampaknya akan dirasakan masyarakat. Teknis pengelolaannya akan dipelajari oleh BUMD Jambi dalam pertemuan teknis berikutnya.

“Itu hak daerah, namanya PI 10 persen dari keuntungan blok migas di daerah harus diserahkan pada BUMD,” kata Emil.

Emil opimistis, Jambi akan mampu mengelola PI 10 persen terlebih memiliki potensi migas cukup besar. “Kalau kami bisa pastilah Jambi harus bisa,” katanya. (adv)

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----

Komentar