oleh

Gubernur Jambi Al Haris Targetkan Geopark Merangin Masuk UGC

Thehok.id – Pemerintah Provinsi Jambi saat ini tengah mempersiapkan Geopark Merangin untuk mendapatkan pengakuan dari United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), sehingga pada Tahun 2022 ini menjadi warisan dunia UNESCO Global Geopark (UGG). Pada saat Rapat Koordinasi Kesiapan Assesment Geopark Merangin, yang berlangsung di Aula Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Merangin, Jum’at (18/02/2022), Gubernur Jambi Al Haris meminta kerjasama antara Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten Merangin agar segala persiapan yang dibutuhkan benar-benar lengkap.

“Kita kembali mempersiapkan Geopark Merangin ini untuk bisa diakui UNSECO sebagai warisan dunia, sehingga rapat ini sangat strategis sekali antara Pemerintah Provinsi Jambi dengan Pemerintah Kabupaten Merangin. Kita harus benar benar mempersiapkannya secara matang untuk masuk menjadi warisan dunia UGG, termasuk membenahi sarana dan prasarana yang ada,” ujar Al Haris.

Baca juga : Gubernur Jambi Al Haris : Sektor Pertanian Menjadi Penyumbang Ekspor Terbesar di Jambi

Dikatakan Al Haris, sebagai bukti keseriusan Pemerintah Provinsi Jambi dalam membenahi Geopark Merangin, maka telah dipersiapkan dana sebesar Rp. 2 Miliar. Dana ini nantinya akan digunakan untuk melengkapi fasilitas di Geopark Merangin.

Mengenai dokumen untuk mendapatkan pengakuan tersebut, UNESCO telah menerima dokumen dari Pemerintah Provinsi Jambi. Dokumen yang dikirimkan tersebut merupakan fakta yang ada dilapangan terkait Geopark Merangin.

Baca juga : Gubernur Jambi Al Haris Tegaskan Komitmen Pemprov Bangun Kesejahteraan Sosial

Selain peran Pemerintah, peran masyarakat khususnya yang ada disekitar Geopark Merangin juga sangat dibutuhkan untuk meraih pengakuan UNESCO tersebut. Untuk itu nantinya masyarakat disekitarnya akan diberikan edukasi terkait Geopark Merangin, selain itu Pemerintah juga akan mempersiapkan sekolah-sekolah yang ada di Provinsi Jambi untuk turut serta mempromosikan Geopark Merangin.

“Nantinya kita akan memberikan edukasi terkait Geopark Merangin ini, bukan hanya kepada masyarakat sekitar, tetapi juga akan mempersiapkan untuk sekolah sekolah yang ada di Provinsi Jambi. Masyarakat yang berada di sekitar Area Geopark juga wajib mensukseskan dan mempromosikan dalam upaya membantu Pemerintah sehingga Geopark Merangin berhasil menjadi warisan dunia UGG,” tutup Al Haris.

General Manager Geopark Merangin, Agus menyampaikan, dari 11 Geopark yang berada di Indonesia, hanya terpilih 2 Geopark yang akan mewakili Indonesia, yakni Geopark Raja Ampat dan Geopark Merangin. “Tentunya kita sangat mengharapkan kerjasama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat, sehingga nantinya Geopark Merangin dapat masuk ke dalam warisan dunia UGG,” kata Agus. (Die)

 

Komentar

News Feed