Disdik Jambi Lakukan Pengawasan Pekerjaan DAK Tahun 2023 Secara Intens

JAMBI, Thehok.id – Dinas Pendidikan Provinsi Jambi melakukan pengawasan secara intens terhadap proyek pembangunan di beberapa sekolah yang ada di Provinsi Jambi melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2023.

Hal ini dilakukan Disdik Provinsi Jambi agar pengerjaan proyek bantuan sekolah ini dapat berjalan dengan optimal dan maksimal.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Syamsurizal melalui Kasi Sarpras SMA Disdik Jambi Iwan Safri mengatakan, pelaksanaan DAK menggunakan tipe satu, dengan ketua pelaksana kepala sekolah dan tenaga pengawas sekolah yang ahli di bidangnya.

“Kami berharap mudah-mudahan beberapa pekerjaan pembangunan DAK dibeberapa SMA yang saat ini masih tahap pekerjaan sesuai dengan aturan, dan selesai tepat waktu,” kata Iwan, Senin (10/9/2023).

Ia menjelaskan, saat ini khususnya di bidang SMA sedang menyiapkan pembayaran tahap kedua pencairan DAK sebesar 45 persen

“Hari ini kita masih menunggu persetujuan dari Inspektorat, perkiraan kami tahap keduanya clear pada Minggu ketiga September ini. Insya Allah setelah itu semua sekolah akan melakukan pencairan tahap kedua,” jelasnya.

Untuk pengawasan di lapangan, dikatakan Iwan, realisasi progres dari hasil peninjauan sudah tinggi dari apa yang telah diberikan.

Ia mencontohkan pembangunan DAK tahun 2023 di SMAN 2 dan SMAN 14 Kerinci, dimana progres pekerjaan yang baik dan pelaksanaan sesui perencanaan yang telah disepakati.

“Kita sewaktu ke lapangan melakukan review sudah sesuai rencana yang dilaksanakan dan mutu beton sudah dilakukan uji tekanan. Trail test, uji kuat tekan dan sondir pembesian Insya Allah sudah sesuai semua,” ujarnya.

“Dari A3, sisi keamanan dan papan nama pengerjaan saat kita kunjungi sudah disediakan. Realisasi progres di lapangan sudah tinggi dari yang kita berikan, kita berikan 25 persen di lapangan sudah melebihi,” tukasnya. (die)

Komentar