Gubernur Al Haris Hadiri Sedekah Adat Lawang Sejarangan

Thehok.id – Gubernur Jami Al Haris menghadiri kegiatan Sedekah Adat Empat Lawang Sejarangan. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan Kenduri Swarnabhumi 2023, di Kabupaten Muaro Jambi. Kegiatan yang digelar di kawasan Candi Muaro Jambi ini, dihadiri langsung oleh Gubernur Jambi, Al Haris dan juga Pj Bupati Muaro Jambi, Bachyuni Deliansyah.

Acara sedekah yang digelar pada Minggu (06/08/2023) pagi itu, juga dihadiri oleh Direktur kelembagaan Kemendikbud ristek, para pejabat eselon II Pemprov Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi.

Dikatakan Gubernur Al Haris, kegiatan Sedekat Adat Empat Lawang Sejarangan ini meurpakan sedekah dalam rangka mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Allah SWT sebagai sang pencipta alam. Selain itu juga sebagai tolak balak.

“Sedekah ini dalam rangka tolak balak atau gembira menyambut segala macam entah panen, entah musim menuai dan musim ke sawah, ini biasanya tradisi sebagai rasa syukur kepada Allah sang pemilik alam,” kata Al Haris.

Ditambahkannya, sedekah ini merupakan wujud syukur masyarakat kepada Allah atas nikmat yang telah diberikan. Ia juga menginginkan, agar untuk ke depannya, sedekat adat Empat Lawang Sejarangan ini lebih diprioritaskan dengan menempatkannya pada urutan ke dua setelah pembukaan Kenduri Swarnabhumi.

“Kedepan akan dilakukan setelah pembukaan atau launching kenduri Swarnabhumi. Kita berharap agar semua agenda-agenda kenduri ini Allah mudahkan semua,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Al Haris juga mengajak masyarakat untuk mencintai kearifan lokal dan mengetahui sejarah historis kebudayaan nenek moyang terdahulu.

“Mari kita mencintai kearifan lokal dan memahami sejarah historis dari nenek moyang kita dulu terhadap nilai-nilai kebudayaan,” sebutnya. (die)

Komentar