Kaisar Jepang Lakukan Kunjungan Perdana ke Indonesia

Thehok.id – Kaisar Jepang melakukan kunjungan kenegaraan secara perdana ke Indonesia. Kaisar Naruhito menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Bogor.

Kedatangan Kaisar Jepang, Naruhito dan Permaisuri Masako, disambut oleh Presiden Jokowi dan Iriana Joko Widodo. Rombongan Kekaisaran Jepang tiba di Istana Bogoro pada Senin (19/6/2023) sekitar pukul 10.00 WIB. Ini merupakan kunjungan perdana Kaisar Naruhito ke Indonesia sejak naik tahta menjadi Kaisar Jepang pada 1 Mei 2019.

Iring-iringan kendaraan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako tiba di pintu gerbang Istana Bogordengan diiringi pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Presiden Jokowi dan Ibu Iriana kemudian menyambut keduanya saat turun dari mobil dan langsung bersalaman.

Baca juga : Peringati Hari Lingkungan Hidup, Al Haris Ajak Masyarakat Kurangi Sampah

Prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan kenegaraan dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara dan diiringi dentuman meriam sebanyak 21 kali. Setelah dentuman meriam selesai, kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

Selanjutnya, kedua pemimpin negara memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara yang turut hadir mengikuti upacara. Delegasi Indonesia yang hadir yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi.

Baca selengkapnya klik disini

Komentar