Indonesia Akan Bahas Masalah Perdagangan Manusia di KTT Ke-42 ASEAN

Thehok.id – Permasalahan perdagangan manusia akan dibahas di KTT ke-42 ASEAN. Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga menegaskan, bahwa kejahatan perdagangan manusia harus diberantas total, mulai dari hulu hingga hilirnya.

Karena itu lah,isu menurut Presiden, pemberantasan perdagangan manusia ini akan dibahas bersama negara-negara anggota ASEAN.

“Saya tegaskan bahwa kejahatan perdagangan manusia harus diberantas tuntas dari hulunya sampai ke hilir. Saya ulangi, harus diberantas tuntas sehingga dalam KTT nanti akan diadopsi dokumen kerja sama penanggulangan perdagangan orang akibat penyalahgunaan teknologi,” ujar Presiden dalam konferensi pers di Hotel Meruorah, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur pada Senin (8/5/2023).

Lebih jauh, Presiden menjelaskan urgensi pembahasan soal perdagangan manusia adalah karena rakyat ASEAN merupakan korbannya dan sebagian besarnya merupakan warga negara Indonesia (WNI). Mereka umumnya terkena penipuan secara daring atau online scams.

“Ini penting dan sengaja saya usulkan karena korbannya adalah rakyat ASEAN dan sebagian besar adalah WNI kita,” imbuhnya.

Baca selengkapnya klik disini

Komentar