Al Haris : Pendidikan Penting Bagi Kemajuan Bangsa

Thehok.id – Dalam sambutannya saat memimpin upacara Hardiknas dan Hari Otonomi Daerah XXVII, Gubernur Al Haris mengatakan jika pendidikan memiliki peranan yang sangat penting untuk kemajuan bangsa.

Dalam sambutannya, Gubernur Al Haris mengatakan jika peringatan Hardiknas 2023 dan hari Otonomi Daerah bisa diakumulasikan sebagai semangat bergerak. Ia juga menegaskan, jika pendidikan memegang peranan penting dalam kemajuan sebuah bangsa.

“Tidak ada Negera yang bisa maju tanpa pendidikan, dan tidak ada Negera yang bisa berkembang tanpa SDM yang unggul. Kemajuan akan bisa diraih kalau disitu ada pendidikan, semangat bergerak dari para guru,” kata Al Haris, Selasa (2/5/2023).

Al Haris juga mengatakan, bahwa saat ini pergerakan di bidang pendidikan luar biasa bagi Indonesia di mulai dari yang terkecil (paud) sampai perguruan tinggi.

Pada kesempatan itu, Gubernur Al Haris juga membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknolongi RI, Nadiem Makarim. Dikatakannya, sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

“Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri. Para kepala sekolah dan kepala daerah yang dulu kesulitan memonitor kualitas pendidikannya sekarang dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan,” kata Menteri Nadiem Makarim.

Selain Gubernur, upacara juga dihadiri Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani, Sekda Sudirman dan juga dihadiri seluruh pejabat eselon II Pemprov Jambi.

Selain itu upacara Hardiknas 2023 juga dihadiri ribuan peserta upacara yang terdiri dari para pejabat dan pegawai Pemprov Jambi, mahasiswa dan pelajar.

Seluruh peserta upacara peringatan Hardiknas 2023 Provinsi Jambi menggunakan pakaian telenggo dan peci untuk laki-laki, sementara untuk perempuan pakaian baju kurung dan tengkuluk. (die)

Komentar