oleh

Pinto Jayanegara Minta Pembangunan Jalan Batubara Terus Berlanjut

Thehok.id – Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi, Pinto Jayanegara, mendukung penuh pembangunan jalan khusus angkutan batubara yang saat ini sudah mulai dikerjakan.

Pembangunan jalan khusus (hauling) batubara dilakukan oleh investor swasta PT. Putra Bulian Properti di Provinsi Jambi.

Pembangunan trase pertama jalan hauling batubara sepanjang 143 Km, yang ditandai dengan pemasangan batu pertama (ground breaking) oleh Gubernur Jambi di Desa Sakean, Kecamatan Kumpeh Ulu, Muaro Jambi, diharapkan akan menjadi salah satu alternatif jalur angkutan jalan khusus batubara dari Tembesi ke pelabuhan Talang Duku.

Ke depan kita harapkan angkutan tongkang batubara melalui alur sungai Batanghari juga dimaksimalkan sehingga kemacetan, kerusakan dan kecelakaan lalu lintas di jalan umum atau jalan negara dapat dihindari dan diminimalisir.

“Kami minta ground breaking pembangunan jalan khusus batubara oleh pihak swasta tersebut bukan hanya sekedar seremonial saja dan tidak berkelanjutan,” kata Pinto, Kamis (1/9/2022).

“Kami juga minta Pemprov Jambi melobi Kementerian Perhubungan untuk menganggarkan APBN untuk merevitalisasi sungai Batang Hari dan segera menginisiasi terbentuknya konsorsium swasta untuk pengerukan alur sungai Batanghari sehingga dapat dimanfaatkan oleh tongkang angkutan batubara dengan tonase besar dari Tenam, Tembesi ke pelabuhan Talang Duku dan ke ambang luar pantai timur,” tambahnya.

Pinto berharap dengan pembangunan hauling batubara tersebut akan menyerap ratusan tenaga kerja lokal dan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat di sepanjang jalan khusus batubara.

Pinto juga minta pihak investor untuk meminimalisir dampak negatif seminimal mungkin selama tahap pembangunan hauling maupun ketika sudah memasuki tahap pemanfaatannya nanti. (die)

Komentar

News Feed