Menteri ATR BPN Beri Respon Positif Kinerja Pansus Konflik Lahan

Thehok.id – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto memgapresiasi kinerja pansus konflik lahan di Jambi. Ada beberapa rekomendasi yang mendapatkan respon positif dari Menteri ATR BPN, yakni audit luas, audit fungsi dan audit pemanfaatan.

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Jambi pada Kamis (21/7/2022), Hadi melakukan pertemuan dengan Kepala Daerah se-Provinsi Jambi membahas percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Rumah Dinas Gubernur Jambi.

Setelah disana, Hadi juga dalam Kunker nya melakukan pertemuan di Rumah Dinas Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto, di kawasan Telanaipura Kota Jambi.

“Tadi Alhamdulillah kita bisa berjumpa dengan pak menteri ATR/BPN,” kata Edi tampak didampingi Wakil Ketua DPRD Provinsi Jambi Faizal Riza, Pinto J, sekaligus Wakil Ketua Komisi III Ivan Wirata.

Edi mengungkapkan dalam pertemuan tersebut tentu membahas persoalan konflik lahan yang sudah berjalan cukup lama dan ditangani oleh Pansus I DPRD Provinsi Jambi. Sehingga upaya ini pun mendapat respon positif dari Menteri ATR/BPN.

“Memang Pansus konflik lahan ini sudah berjalan cukup lama dan 8 bulan kita menggarapnya dan mendapatkan 23 rekomendasi, salah satu rekomendasi yang paling direspon oleh menteri ATR BPN adalah audit luas, audit fungsi dan audit pemanfaatan,” ungkapnya.

Menurut Edi, dari rekomendasi ini menjadi angin segar bagi (penyelesaian) konflik lahan atau sengketa agraria, mudah mudahan komitmen bersama Menteri ini, menurun ke stacholder terkait mulai dari Gubernur, Bupati Walikota dan seluruh yang memang terlibat sehingga mempunyai kesadaran, termasuk korporasi sehingga konflik di Jambi bisa terurai dengan baik.

“Kami juga melaporkan tadi, ada 21 kasus yang kita dalami dari 107 aduan pada saat itu, tetapi ternyata baru baru ini ada pengaduan lagi seperti kemarin ada demontrasi ternyata konflik ini luar biasa banyaknya dan Jambi sama sama kita tahu, nomor dua konflik lahan tertinggi di Indonesia,” ujarnya.

Kendati demikian, Politisi Partai PDI Perjuangan itu meyakini dan percaya bahwa semua anggota di DPRD Provinsi Jambi cepat bergerak merespon aspirasi dari masyarakat.

“Alhamdulillah, terimakasih kepada anggota dan teman teman DPRD, pak Waka, pansus dan sebagainya sudah bergerak cepat, pagi siang, sore, malam bahkan Sabtu Minggu pun, tetap bekerja,” tegasnya. (die)

JAMBI SERU NEWS NETWORK

Portal Jambi Seru : 1. Sepak Bola / Football - 2. Selebriti / Celebrity - 3. Lirik Lagu / Song Lyrics - 4. Film / Movie - 5. Teknologi / Technology - 6. Batanghari - 7. Merangin - 8. Muaro Jambi - 9. Tungkal  10. Tebo - 11. Kerinci - Sungai Penuh Network : 1. Jambi - 2. Jambi Flash  - 3. Koran Jambi - 4. Angso Duo - 5. Thehok 6. Seru TV

-----

Komentar