oleh

Bupati Masnah Safari Ramadhan di Desa Tangkit Baru : Peringati Nuzulul Quran

Thehok.id – Bupati Muaro Jambi, Masnah Busro melaksanakan safari Ramadhan 1443 H di Masjid As-Shidqiyah Desa tangkit Baru, Kecamatan Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, Senin (18/4/2022).

Dalam kegiatan safari ramadhan ini, Masnah didampingi Sekda Muaro Jambi Budi Hartono, MT, dan jajaran Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi beserta staf.

Turut serta hadir dalam agenda tersebut jajaran Forkopimda Muaro Jambi, Ketua Baznas Muaro Jambi, Ketua Forum Da’i Muaro Jambi, Camat Sungai Gelam, Danramil Sungai Gelam, Kapolsek Sungai Gelam, Kepala Desa Tangkit Baru, Ketua Masjid As-Sidqiyah, Ust. Antoni selaku penceramah, Tokoh Masyarakat, dan para jama’ah masjid warga Desa Tangkit Baru.

Dalam Sambutannya, Kepala Desa Tangkit Baru Andi Baharu Alam, SE, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Bupati beserta jajaran yang telah menyambangi warga masyarakat desanya pada kesempatan Safari Ramadhan di Tahun ini. Dirinya juga mengapresiasi kinerja Bupati dan Jajaran selama memimpin, disampaikannya bahwa warga masyarakat Desa Tangkit Baru sangat terbantu dengan adanya program sertifikasi tanah, serta kini sedang berjalan proses pembangunan jalan desa.

“Terima kasih Ibu Bupati, selama beberapa tahun ibu memimpin, alhamdulillah sekarang Ibu bisa berkesempatan hadir di tengah-tengah masyarakat kami pada momen yang diberkahi ini. Kami warga Desa Tangkit Baru sangat terbantu sekali dengan program-program Ibu Bupati, seperti sertifikasi tanah, sekarang juga sedang dalam proses untuk pembangunan jalan desa ini, serta program-program bantuan lainnya”, ungkapnya.

Camat Sungai Gelam Musliadi, S.Kom.,ME, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Pemkab Muaro Jambi memutuskan untuk mengadakan peringatan nuzulul qur’an dalam rangkaian safari ramadhan tahun ini di Desa Tangkit Baru bukan tanpa alasan. Ia menuturkan bahwa alasan Pemkab adalah karena Kecamatan Sungai Gelam merupakan saah satu lumbung Qori/ah, Hafiz/ah, dan Khat/ah bagi Muaro Jambi.

“Bapak Ibu semua, Ibu Bupati beserta jajaran dalam kesempatan ini melakukan safari ramadhan sekaligus memperingati nuzulul qur’an di Desa Tangkit Baru ini bukan tanpa alasan. Pemkab memutuskan mengadakan nuzul qur’an di sini karena kita Sungai Gelam adalah basis para qori/ah, para hafiz, dan khattah, yang sering berlaga di Musabaqoh untuk Muaro Jambi. Mudah-mudahan dengan peringatan nuzulul qur’an malam ini, bisa menjadi pendongkrak semangat bagi generasi kita untuk senantiasa mendalami kandungan al-Qur’an”, ujarnya.

Selanjutnya, Bupati Muaro Jambi Hj. Masnah Busro dalam sambutannya menyapa warga Desa Tangkit Baru, serta menyampaikan perihal program pembangunan yang dilakukannya bagi masyarakat Desa Tangkit Baru. Seperti sertifikasi tanah, pembangunan infrastruktur jalan, serta kebersihan.

Perihal pembangunan jalan Desa Tangkit Baru, Dirinya beserta jajaran sudah melakukan tahapan tender untuk pembangunan sepanjang tiga Kilometer dan akan dimulai pengerjaannya. Sisanya tiga kilometer lagi akan disambung pada tahun anggaran berikutnya. Bupati juga menyampaikan, dirinya mendapat keluhan dari masyarakat soal sampah. Ia meminta kepada Pemerintah Desa untuk mencari lahan kosong yang bisa dihibahkan untuk dibangun tempat pembuangan sampah.

“Saya hadir di sini dalam rangka peringatan nuzulul qur’an 1443 hijriyah. Nah, nanti soal nuzul qur’an biar bapak penceramah yang mengupasnya. Saya menyampaikan soal pembangunan. Alhamdulillah sertifikasi tanah sudah kita lakukan proses administrasinya, ini sudah ada gambaran dari BPN, mohon bersabar, tinggal menunggu pensertifikatannya dan bapak ibu bisa mendapatkannya. Kemudian di Desa Tangkit ini soal pembangunan jalan sudah dalam tahap tender sepanjang tiga kilometer, mungkin nanti setelah lebaran mulai pembangunannya, sisanya tiga kilometer lagi akan disambung di tahun anggaran berikutnya. Itu saya sudah minta ke Kadis PU aspalnya harus yang paling bagus. Karena jalan Tangkit Baru ini mobilitasnyabtinggi untuk warga mengangkut hasil kebun nanas. Saya juga bilang ke Dinas Perkim untuk penerangan jalannya juga. Saya juga saya mendapat keluhan dari masyarakat soal sampah. Nah itu saya minta ke Pemerintah Desa cari lahan yang bisa dihibahkan, nanti kita yang bangun tempat pembuangan sampahnya”, ujarnya.

Lebih lanjut, Bupati Masnah berpamitan kepada warga Desa Tangkit Baru, umumnya kepada masyarakat Muaro Jambi, bahwa dirinya beserta Wakil Bupati Bambang Bayu Suseno akan berakhir masa jabatan per 22 Mei 2022. Dirinya menyampaikan permohonan maaf apabila dalam masa jabatannya masih ada kekurangan, serta mengucapkan terima kasih atas dukungan dan amanah yang telah diberikan masyarakat kepadanya dan Wakil Bupati.

Dalam rangkaian kegiatan ini juga dilaksanakan pemberian bantuan berupa perlengkapan alat salat kepada pengurus masjid, serta santunan kepada anak yatim Desa Tangkit Baru, dilanjutkan dengan tausiyah agama peringatan nuzulul qur’an oleh penceramah. (adv)

Komentar

News Feed