oleh

Gubernur Jambi Al Haris Bersama Gubernur Sumbar Hadiri Pengukuhan IKM Merangin

Thehok.id – Acara pengukuhan dan pelantikan pengurus Ikatan Keluarga Minang (IKM) di Merangin, Bangko, Minggu (20/3/2022) berlangsung meriah. Acara tersebut dihardiri oleh Gubernur dari 2 Provinsi, yaknni Gubernur Jambi Al Haris dan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah.

Dalam acara tersebut, Gubernur Jambi Al Haris mengatakan bahwa pihaknya akan merencanakan napak tilas Sungai Batanghari yang brehulu di Sumatera Barat.

“Kami rencana napak tilas, naik perahu dari Solok Selatan, Dharmasraya, Tebo, Bungo, sampai Tanjab timur. 78 persen sungai Batanghari mengaliri Provinsi Jambi yang hulunya dari Sumbar,” tambah Al Haris lagi.

Al Haris mengatakan Jambi dan Sumatera Barat mempunyai history yang tidak dapat dipisahkan.

“Sungai Batanghari hulunya di Sumbar, pada zaman dahulu warga dari Mharmasraya nyari rembah melalui sungai ke Jambi, begitu juga sebaliknya warga Jambi ke Dharmasraya,” kata Al Haris.

Dikatakan Al Haris, warga Minang juga turut membantu membangun perekonomian di Jambi, terutama di sektor pasar.

“Kontribusi pembangunan Jambi juga ikut lagi lahir dari keluarga kita Minang, dari sektor Pasar. Banyak pedagang-pedagang kita di pasar berasal dari Minang. Warga Minang sudah menyatu dengan warga Jambi, banyak juga asal Minang menjabat di pemerintahan dan sebagainya,” sebut Al Haris.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah pada kesempatan itu menitipkan warga Merantauan dari Sumbar ke Gubernur Jambi serta Bupati Wakil Kota di Provinsi Jambi.

“Kami titip masyarakat Minangkabau di Merangin dan provinsi Jambi, Pak Gub dan Pak Bupati,” kata Mahyedi.

Acara pengukuhan dan pelantikan pengurus IKM Merangin ini dihadiri banyak kepala daerah, baik dari Jambi maupun dari Sumbar. (Die)

Komentar

News Feed