Kenali Ciri Pengentalan Darah dan Penyebabnya

Thehok.id – Pengentalan darah adalah kondisi yang dapat terjadi pada siapa saja, dari berbagai kelompok usia maupun ras. Pengentalan darah bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti genetik, gaya hidup, penyakit, atau kondisi kesehatan tertentu. Gejala yang muncul dapat bervariasi, tergantung lokasinya dan biasanya baru terlihat setelah pengentalan darah menjadi pembekuan darah.

Pada dasarnya, tubuh secara alami membentuk gumpalan darah untuk menghentikan perdarahan saat terluka. Namun, jika darah menggumpal terlalu banyak atau menggumpal secara tidak normal saat tubuh tidak berdarah, itu bisa menjadi tanda pengentalan darah atau hiperkoagulasi.

Pengentalan darah yang terjadi di pembuluh darah bisa menghambat aliran darah ke organ-organ penting, seperti otak, jantung, dan paru-paru. Tanpa penanganan yang tepat, pengentalan darah berpotensi menyebabkan masalah kesehatan serius, seperti emboli paru, stroke, serangan jantung, dan gangguan ginjal.

Mengenal Gejala Pengentalan Darah

Pengentalan darah umumnya tidak menimbulkan gejala dan tidak disadari oleh penderitanya hingga mereka mengalami pembekuan darah dan penyumbatan aliran darah di jaringan tubuh tertentu.

Gejala yang muncul umumnya tergantung lokasi terjadinya pembekuan di dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa gejalanya:

Lengan atau kaki: mudah memar dan pegal-pegal, pembengkakan, perubahan warna kulit menjadi merah atau biru, terasa gatal, serta kulit terasa hangat dan lunak saat disentuh

Perut: mual, muntah, sakit yang parah di perut, diare, tinja berdarah, dan kembung

Ginjal: nyeri punggung atau pinggang, darah dalam urine, demam, tekanan darah tinggi, kaki tiba-tiba bengkak parah, dan sesak napas

Jantung: nyeri dada yang menjalar ke leher dan lengan, berkeringat, mual, muntah, serta sesak napas

Paru-paru: sesak napas, nyeri dada, detak jantung meningkat, batuk, berkeringat, dan pusing

Otak: Sakit kepala parah yang tiba-tiba, penglihatan kabur, kesulitan berbicara, kesulitan memahami ucapan, dan kejang.

Baca selengkapnya klik disini

Komentar