Jangan Bingung, Ini Perbedaan Psikiater dan Psikolog

Thehok.id – Psikolog dan psikiater adalah dua profesi yang berbeda dalam bidang kesehatan mental. Banyak orang yang masih bingung membedakan antara psikolog dan psikiater. Berikut adalah perbedaan antara psikolog dan psikiater:

1. Latar Belakang Pelatihan

Psikolog adalah ahli yang memiliki gelar sarjana Psikologi dan setidaknya gelar master dalam Psikologi terapan atau Psikologi klinis. Mereka dilatih untuk mengevaluasi, mendiagnosis, dan memberikan perawatan psikologis untuk individu yang mengalami masalah kesehatan mental.

Sementara itu, psikiater adalah seorang dokter yang telah menyelesaikan pendidikan formal di bidang kesehatan mental dan memiliki spesialisasi dalam ilmu kedokteran psikiatri. Mereka mendiagnosis, meresepkan obat-obatan, dan memberikan perawatan medis untuk masalah kesehatan mental.

2. Fokus Perawatan

Psikolog memberikan perawatan psikologis yang difokuskan pada pengobatan dan terapi bicara. Mereka membantu pasien untuk mengembangkan kemampuan untuk mengatasi masalah psikologis dan memperbaiki kualitas hidup mereka.

Sementara itu, psikiater memberikan perawatan medis dengan berfokus pada pengobatan dan terapi obat-obatan. Mereka mendiagnosis kondisi medis yang mendasari masalah kesehatan mental dan praktik untuk memperbaiki masalah tersebut.

3. Metode Perawatan

Psikolog menerapkan metode perawatan psikologis non-obat, seperti terapi bicara, terapi perilaku kognitif, dan terapi kelompok. Mereka membantu pasien untuk mengatasi masalah kesehatan mental dengan cara mencari tahu faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku dan pikiran mereka.

Sementara itu, psikiater biasanya meresepkan obat-obatan untuk mengobati kondisi kesehatan mental pasien. Mereka dapat menggunakan terapi bicara atau perawatan psikologis lain sebagai tambahan untuk pengobatan obat-obatan.

Kesimpulannya, meski sama-sama berfokus pada masalah kesehatan mental, psikolog dan psikiater memiliki perbedaan dalam pendidikan dan metode perawatan. Psikolog lebih berfokus pada terapi bicara/non-obat, sedangkan psikiater lebih berfokus pada pengobatan obat-obatan dan terapi medis. (*)

Komentar