Ternyata Mengkonsumsi Kayu Manis Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan

Thehok.id – Selain digunakan sebagai bumbu masakan untuk menambah citarasa, ternyata kayu manis juga dapat dikonsumsi dalam bentuk minuman dan sebagai pemanis tambahan pada dessert. Selain memiliki aroma yang khas kayu manis juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Berikut ini manfaat kayu manis bagi kesehatan yang mungkin berguna untuk kamu :

1. Mengobati Beberapa Jenis Infeksi Jamur

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 menunjukkan bahwa minyak kayu manis dinilai efektif dalam melawan infeksi jamur yang mempengaruhi aliran darah. Hal Ini dapat terjadi karena sifat antimikroba pada kayu manis.

Baca juga : Ini Perbedaan Susu UHT dan Pasteurisasi

2. Mencegah Penyakit Alzheimer

Beberapa penelitian praklinis menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer. Hal itu disebabkan karena adanya sebuah zat berupa CEppt yang dapat mencegah timbulnya gejala penyakit alzheimer.

3. Mencegah Multiple Sclerosis

Multiple sclerosis merupakan suatu gangguan saraf yang terjadi pada otak, mata, dan tulang belakang. Multiple sclerosis dapat menimbulkan gangguan pada penglihatan serta gerakan tubuh.

Mulitiple sclerosis akan menyebabkan sitem imun menyerang lapisan lemak yang melindungi serabut saraf (mielin). Hal ini dapat menyebabkan gangguan komunikasi antara otak dan seluruh tubuh yang berisiko pada kerusakan permanen.

Baca juga : Tiktok Segera Dihapus dari Apple dan Google

Sementara itu para ahli telah menguji adanya efek kayu manis untuk aktivitas melawan multiple sclerosis (MS). Seperti uji praklinis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kayu manis dapat memiliki efek anti-inflamasi pada sistem saraf pusat, termasuk pada bagian otak. Penelitian juga menunjukkan bahwa kayu manis dapat melindungi sel T regulator, atau” Tregs, ” yang mengatur respons imun agar tidak terjadi kerusakan permanen akibat multiple sclerosis.

4. Menurunkan Resiko Tubuh Akibat Konsumsi Makanan Tinggi Lemak

Kayu manis memiliki antioksidan yang dapat membantu mengurangi respons negatif tubuh akibat konsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi.

Pada sebuah penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas antioksidan sebesar 13%, penurunan respon inulin sebesar 21%, dan penurunan trigliserida sebesar 31% setelah mengonsumsi makanan dengan campuran bubuk kayu manis.

Itulah 4 manfaat mengonsumsi kayu manis bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat bagi pembaca. (red)

Sumber : suara.com

Komentar