IDI : Waspada Covid-19 Gelombang Keempat

Thehok.id – Kasus Covid-19 di Indonesia kembali meningkat. Saat ini diperkirakan Indonesia sedang memasuki gelombang Covid-19 keempat. Hal ini diprediksi oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Prediksi ini berdasarkan kasus Covid-19 yang terus mengalami kenaikan yang signifikan beberapa hari belakangan ini.

Ketua Satgas IDI Prof. Zubairi Djoerban, mengatakan dengan melihat kenaikan signifikan jumlah kasus COVID-19 harian belakangan ini, diprediksi akan masuk gelombang keempat.

“Saya khawatir kita sedang memasuki gelombang keempat,” kata dia.

IDI mencatat kenaikan kasus harian yang cukup tinggi mulai 2 Juli yakni 1.794 kasus dan terus mengalami dinamika dengan kecenderungan naik hingga saat ini.

“Ada peningkatan signifikan dalam jumlah kasus baru belakangan ini. Terbaru (per 13 Juli 2022) adalah 3.822 kasus dengan 12 kematian,” katanya.

Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat lebih berhati-hati, tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 dan segera melakukan vaksinasi penguat.

Baca juga : Lakukan Cara Ini Untuk Hindari Penuaan Dini Pada Kulit

Namun demikian, masyarakat diminta jangan terlalu panik karena kenaikan jumlah kasus COVID-19 di Indonesia jauh lebih rendah dibandingkan dengan negara-negara lain, seperti Singapura, Malaysia, Australia, dan Selandia Baru.

Zubairi mengamini imbauan pemerintah yang mengingatkan masyarakat untuk tetap menggunakan masker di dalam dan luar ruangan.

Pada Minggu (11/7/2022), Presiden Joko Widodo meminta masyarakat untuk memakai masker di dalam dan luar ruangan karena peningkatan kasus COVID-19, baik di Indonesia maupun negara lain. (red)

Sumber : suara.com

Komentar