Resmikan Pelabuhan SGM, Al Haris Harap Dapat Tingkatkan Konektivitas

Thehok.id – Gubernur Jambi Al Haris meresmikan Pelabuhan PT Surya Global Makmur dan Masjid Nameira Hamidah di Desa Teluk Jambi Kecamatan Taman Rajo Kabupaten Muaro Jambi, Jumat (10/06/2022).

Pelabuhan ini kedepannya diharapkan memiliki makna strategis dan dapat memperkuat infrastruktur di Provinsi Jambi. Selain itu juga pelabuhan ini diharapkan dapat menjadi penghubung antar daerah.

“Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas upaya yang telah dilakukan oleh PT. Surya Global Makmur untuk membangun pelabuhan beserta sarana dan prasarananya guna melayani angkutan penyeberangan sungai untuk kepentingan sendiri ataupun masyarakat sekitar,” ujar Al Haris.

Al Haris menuturkan, Provinsi Jambi memiliki banyak potensi sumber daya alam dan hasil komoditas perkebunan dan pertanian yang cukup besar, dengan kondisi tersebut tentunya memerlukan suatu outlet menuju daerah tujuan, baik melalui jalur darat maupun jalur air.

“Guna memperlancar konektivitas dan meningkatkan kecepatan dalam pengiriman komoditas tersebut, PT SGM telah turut berpartisipasi membangun sarana dan prasarana pelabuhan. Tentunya melalui keberadaan pelabuhan ini sangat penting bagi aktivitas perusahan itu sendiri, selain itu juga dapat dimanfaatkan masyarakat sekitar serta dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar,” tutur Al Haris.

Lebih lanjut, Al Haris mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jambi saat ini tengah mengembangkan pelabuhan samudera yaitu Pelabuhan Ujung Jabung yang nantinya berguna untuk kegiatan keluar masuk arus barang dari Provinsi Jambi ke daerah lain bahkan ke negara lain. Saat ini pelabuhan tersebut sedang dalam proses pembangunan oleh Kementerian Perhubungan, Pemerintah Provinsi Jambi mengharapkan pembangunan pelabuhan tersebut dapat selesai dan beroperasional dalam beberapa tahun mendatang.

“Hal ini tentunya sangat sejalan dengan beberapa kegiatan proyek strategis yang sedang dan akan dimulai, diantaranya adalah rencana pemerintah pusat membangun Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) di Provinsi Jambi, yang saat ini telah dilakukan penetapan lokasi oleh Pemerintah Provinsi Jambi dan pembebasan lahannya oleh Kementerian PUPR, serta pengembangan kawasan industri kemingking. Semoga rencana pembangunan tersebut akan dapat memberikan pengaruh tumbuhnya pusat-pusat kegiatan dan kawasan ekonomi baru di Provinsi Jambi,” ungkap Al Haris.

Al Haris yakin dengan semakin terbukanya daerah yang terhubung dengan pusat-pusat kegiatan tersebut, pada akhirnya dapat menjadi pemicu untuk meningkatkan investasi di Provinsi Jambi.

“Melalui keterlibatan pihak swasta, yang pastinya akan berdampak positif terhadap percepatan pembangunan. Saya mengharapkan kedepannya, pelabuhan yang dibangun oleh PT Surya Global Makmur dapat berfungsi dan berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat,” tutup Al Haris. (die)

Komentar