OJK Optimis Penyaluran KUR UMKM Selesai Hingga Akhir Tahun

Thehok.id – Target penyaluran Kredit Usaha Rakyat tahun 2022 di Sulawesi Selatan sebesar Rp 16,68 Triliun. Saat ini penyaluran yang telah terealisasi tercatat sebanyak Rp 6,39 Triliun. Namun demikian, pihak Otoritas Jasa Keuangan SUlawesi Selatan optimis jika penyaluran KUR bisa terealisasi semua hingga akhir tahun 2022.

“Realisasi KUR untuk UMKM Sulsel hingga April 2022 mencapai Rp 6,39 triliun. Adapun target penyaluran KUR pada tahun ini sebanyak Rp16,68 triliun. Kami optimistis bisa merealisasikan hingga akhir tahun,” kata Kepala OJK 6 Sulampua Darwisman, Selasa (7/6/2022).

Baca juga : KKB Tembak Pesawat Sam Air yang Membawa Sembako

Sikap optimistis itu berdasarkan beberapa hal diantaranya perekonomian Sulsel, khususnya dari pelaku UMKM yang terus menunjukkan peningkatan usai pandemi Covid-19.

Apalagi Presiden Jokowi tengah fokus mendorong seluruh pihak termasuk para kepala daerah agar bersinergi demi merealisasikan target penyaluran KUR sebesar 30 persen secara nasional pada 2024.

Pihaknya langsung merespons dengan meningkatkan sinergitas dengan Ditjen Kanwil Perbendaharaan Sulawesi Selatan DJPb dalam mendorong penyaluran KUR khususnya di Sulsel.

“Kita optimistis bisa mencapai target hingga akhir tahun ini. Untuk awal-awal tahun memang biasanya belum maksimal namun jelang pertengahan, biasanya terus meningkat. Kita akan segera laporkan kondisi akhir Mei 2022,” ujarnya.

Baca juga : Ratusan ABG Digerebek Sedang Pesta Bikini, Polisi Amankan 10 Kotak Alat Kontrasepsi

Kepala Kantor Wilayah DJPb Sulsel Syaiful, mengatakan kolaborasi ini sudah berjalan dengan begitu baik.

“Tentunya melalui dorongan OJK kepada sektor perbankan untuk target penyaluran kredit khususnya kepada segmen UMKM dapat tercapai yaitu sebesar 30 persen,” kata Syaiful.

Penguatan sinergitas bersama OJK ini dilakukan untuk meningkatkan porsi kredit sektor UMKM sampai dengan tahun 2024. (red)

Sumber : suara.com

Komentar

News Feed