Ketua Komisi II DPRD Tanjabbar, Sufrayogi Syaiful Jadi Pemateri Kuliah Umum Ilmu Politik Unja

Thehok.id – Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Sufrayogi Syaiful menjadi pemateri kuliah umum Prodi Ilmu Politik Universitas Jambi. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka mendukung upaya menciptakan lulusan yang memiliki daya saing dalam dunia kerja.

Kuliah umum yang digelar pada Kamis (2/6/2022) itu, bertemakan Persaingan Global, Politik dan Fresh Graduate. Kegiatan digelar di Aula lantai II Jurusan Ilmu Pemerintahan dan Politik (Jisipol) dan dibuka langsung oleh Ketua Jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Dr Arfa’i., S.H. M.H serta Ketua Program Studi Ilmu Politik, Moh. Arief Rakhman, S.IP., M.I.Pol. Sementara  Dori Efendi, Ph.d menjadi moderator. Kuliah umum tersebut  diikuti oleh mahasiswa Jisipol baik secara langsung maupun melalui zoom.

Dalam paparannya, pria yang akrab disapa Yogi itu menjelaskan tentang perang antara Ukraina dan Rusia. Perang yang tersebut memberikan pengaruh kepada Indonesia.

“Pengaruhnya cukup besar terhadap situasi Indonesia, terutama dalam masalah ekonomi dan politik, ini bisa dilihat dari proses akan dilaksanakannya pertemuan G20 di Indonesia,” katanya.

Sebagai mahasiswa Jisipol, kata Yogi, penguasaan terhadap analisis politik dan teknologi menjadi suatu keharusan. Setiap mahasiswa Jisipol wajib memilikinya.

“Kita harus bisa beradaptasi dengan perubahan dunia yang semakin cepat, terlebih dalam penguasaan teknologi,”  jelasnya.

Dengan Kegiatan ini, diharapkan  mahasiswa Jisipol dapat lebih peka mengenai isu politik global dan dapat memiliki daya saing dalam skala global.

“Di era sekarang, persaingan menjadi hal yang tidak bisa dihindari, untuk itu Mahasiswa Jisipol harus dapat beradaptasi dan peka terhadap isu-isu politik yang ada,” tambahnya.

Jika hal itu dimiliki, maka setelah lulus nanti, mahasiswa Jisipol dapat bersaing dalam dunia kerja yang semakin sulit. Mahasiswa Jisipol Unja sendiri tampak antusias mengikuti kuliah umum dan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada narasumber. (Die)

Komentar