Buka KOSN dan FL2SN, Pj Bupati Bachyuni Harap Siswa Dapat Tampil di Tingkat Nasional

Thehok.id – Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FL2SN) jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tingkat Kabupaten Muaro Jambi tahun 2022 resmi dibuka. Pembukaan acara ini dilakukan langsung oleh Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah pada Kamis (9/6/2022) di Komplek Perkantoran Bukit Cinto Kenang Desa Bukit Baling Muaro Jambi.

Lomba Seni dan Kompetisi Olahraga tahun 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi mengusung tema “Melalui Olahraga dan Seni, Kita Tumbuhkan Karakter Profil Pelajar Pancasila.

Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah, dalam sambutannya meminta agar kegiatan ini jangan dijadikan sebagai ajang seremonial saja. Namun, ia meminta pelajar yang tampil, baik itu dari olahraga maupun seni, bisa tampil di tingkat provinsi dan tingkat nasional nantinya mewakili Muaro Jambi atau Provinsi Jambi.

“Saya minta kepada Pak Kadis, ada siswa kita ini yang mewakili Kabupaten Muaro Jambi di tingkat Nasional,” katanya.

Bachyuni percaya, bahwa akan ada utusan dari Muaro Jambi yang berlaga di kancah nasional. “Saya tahu kuantitas dan kualitas,” jelasnya.

Selain itu, Pj Bupati juga meminta agar Dinas Pendidikan untuk membimbing serius untuk seni tradisional yang pada kesempatan ini ikut dilombakan.

“Saya juga tadi mendengar ada seni tradisional, Saya minta Pak Daus dibimbing. Kapan lagi kita membanggakan Kabupaten Muaro Jambi kalau bukan kita sendiri,” tegasnya.

Bachyuni berharap setelah acara ini selesai, ada talenta muda yang dapat membanggakan Kabupaten Muaro Jambi di kancah Nasional.

“Itu yang kita harapkan. Jadi jangan hanya formalitas saja. Minimal ada target juara di tingkat Nasional,” tukasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Muaro Jambi, Firdaus, menyebutkan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang rutin digelar setiap tahunnya. Dimana sebagai sarana penggalian, penjaringan, pembinaan serta pengembangan bakat dan minat peserta didik.

“Agar potensi-potensi talenta olahraga dan seni yang dipunyai bangsa ini menjadi aktual sinergis dan berkontribusi terhadap percepatan pembangunan secara komprehensif,” katanya.

Firdaus menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan secara berjenjang dari seleksi internal di satuan pendidikan terus berlanjut pada seleksi di tingkat gugus kemudian dilombakan di tingkat Kecamatan dan tingkat Kabupaten, seterusnya ke Provinsi hingga sampai ke Nasional.

Tujuan kegiatan ini, kata Firdaus, selain sebagai wadah apresiasi untuk berkreasi juga untuk menumbuhkembangkan bakat dan minat peserta didik. Selain itu juga unutk menamankan nilai luhur olahragayakni fair plai.

“Peserta didik dapat mengekspresikan seni sesuai dengan norma budi pekerti dan karakter peserta didik yang
berbasis budaya bangsa dan menumbuhkembangkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air,” tukasnya.

Turut hadir pada kesempatan itu, Kajari Muaro Jambi, Kapolres Muaro Jambi, para Kepala OPD Lingkup Pemkab Muaro Jambi, para Camat, serta Kepala Sekolah dan Guru SD/SMP seKabupaten Muaro Jambi. (adv)

Komentar