Status Transisi Pandemi ke Endemi, Masyarakat Indonesia Bisa Lepas Masker

Thehok.id – Pemerintah Indonesia secara resmi mengumumkan bahwa saat ini Indonesia berubah status, dari pandemi ke endemi Covid-19. Hal ini disampaikan secara langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

“Transisisi menuju endemi dilakukan secara bertahap, tidak bisa sekaligus,” kata Menkes Budi.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah menuju endemi dengan mengendorkan beberapa protokol kesehatan yang tadinya sangat ketat, seperti bebas masker di luar ruangan dan peniadaan tes COVID-19.

Menurutnya hal tersebut secara tak langsung juga dapat mendidik masyarakat agar terbiasa menjaga protokol kesehatan masing-masing individu.

“Semua penyakit menular yang menjadi endemi, salah satu cirinya itu masing-masing individu sudah paham penyakitnya seperti apa, bagaimana menjaga protokol kesehatan, dan penanganannya jika sudah terpapar,” ujar Budi.

Lebih lanjut Budi menyampaikan terkait bebas masker di luar ruangan, masyarakat diminta menyesuaikan diri jika berada di lingkungan padat orang atau melihat teman-teman di sekitar bergejala demam, batuk dan bersin-bersin, supaya tetap memakai masker untuk menghindari kemungkinan penularan wabah COVID-19.

“Kalau memang merasa aman dan nyaman, silakan dilepas saja maskernya,” ujar Budi.

Ia menambahkan sesuai yang disampaikan Presiden Jokowi bahwa selama ini tingkat disiplin penggunaan masker masyarakat Indonesia sangat tinggi, sehingga ini menjadi salah satu faktor dalam mengendalikan penyebaran COVID-19.

Selain itu, ujarnya, saat ini perkembangan kasus COVID-19 di Tanah Air semakin turun, yang mana di rumah sakit hampir tak ada pasien, termasuk angka meninggal karena COVID-19 juga sangat sedikit.

“Presiden Jokowi baru pulang dari Amerika. Di sana, penanganan COVID-19 di Indonesia dipuji setelah berhasil menurunkan kasus secara signifikan,” kata Menkes Budi. (red)

Sumber : suara.com

Komentar