Diterjang Arus Angin, Tongkang Bawa Kontainer Hampir Tenggelam

Thehok.id – Kapal tongkang yang membawa 12 unit kontainer hampir tenggelam di perairan Kepulauan Riau. Tepatnya di Kabupaten Karimun.

“Tak ada korban jiwa dalam insiden ini. Delapan anak buah kapal dalam kondisi selamat,” kata Kepala Kantor Badan SAR Nasional Tanjungpinang, Slamet Riyadi, Kamis (26/5/2022).

Kronologi kejadian tongkang pengangkut ratusan kontainer yang ditarik kapal tunda Mega Daya 43 itu berangkat dari Pekanbaru, Provinsi Riau, menuju ke Singapura.

Saat melintasi perairan Karimun sekitar pukul 01.00 WIB Kamis, tongkang dihantam arus angin kuat sehingga posisi kapal miring 60 derajat.

Baca juga : Wabah Cacar Monyet di Eropa, 219 Kasus Ditemukan

“Akibatnya, sebanyak 12 kontainer jatuh ke laut pada koordinat 1′.10′.4 Lintang Utara-103′.26′.5 Bujur Timur,” kata Slamet.

Informasi kejadian itu, katanya, diterima Kantor Badan SAR Nasional Tanjungpinang dari Koordinator Pos SAR Tanjung Balai Karimun.

Setelah itu ia mengerahkan lima personel Pos SAR Tanjung Balai Karimun menggunakan perahu karet bermesin ke lokasi kejadian kecelakaan tongkang itu.

“Kami juga melakukan komunikasi dan koordinasi ke MPA Singapura,” ujar dia.

Baca juga : Presiden Ukraina Tolak Usulan Menyerahkan Wilayah Kiev Untuk Akhiri Perang

Proses koordinasi dan pemantauan evakuasi tongkang ini turut melibatkan unsur SAR gabungan meliputi Kantor Badan SAR Nasional Tanjungpinang, Pos SAR Karimun, TNI AL, Polairud, Komisi Penjaga Laut dan Pantai, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan, dan nelayan setempat.

Kini tongkang itu sudah dievakuasi oleh Tim Sar dan sudah dipindahkan perusahaan dimana kapal itu bernaung dan saat ini sedang lego jangkar di perairan Karimun Anak. (red)

Sumber : suara.com

Komentar